Arti dan Penyebab (M01): Checkout Gagal di Shopee

Advertisements

Arti M01 Checkout Gagal di Shopee

IsMedia – Ketika berbelanja online di Shopee, beberapa pengguna mungkin mengalami situasi yang mengganggu saat hendak menyelesaikan pembelian, yaitu munculnya peringatan “(M01): Checkout gagal karena terdapat aktivitas mencurigakan.” Pesan ini bisa menimbulkan kebingungan dan kekhawatiran akan kemungkinan akun diblokir. Namun, penting untuk memahami arti dan penyebab dari pesan ini agar dapat mengatasinya dengan tepat.

Advertisements

Penjelasan (M01): Checkout Gagal

Peringatan “(M01): Checkout gagal karena terdapat aktivitas mencurigakan” adalah pesan yang dihasilkan oleh sistem keamanan Shopee. Sistem ini didesain untuk melindungi pengguna dari potensi ancaman keamanan dengan mendeteksi aktivitas yang tidak lazim atau mencurigakan selama proses checkout. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pesan ini muncul, di antaranya:

1. Penggunaan Lebih dari Satu Akun pada Satu Perangkat

Penggunaan beberapa akun pada satu perangkat dapat memicu sistem keamanan untuk menganggap aktivitas tersebut sebagai mencurigakan. Hal ini sering terjadi ketika seseorang mencoba memanfaatkan berbagai voucher dengan membuat lebih dari satu akun di perangkat yang sama. Sistem Shopee dapat mendeteksi perilaku ini dan menanggapnya sebagai pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan penggunaan promo voucher.

Advertisements

Rekomendasi:

  • Gunakan satu akun per perangkat.
  • Hindari login di perangkat yang berbeda atau milik orang lain.
  • Jangan gunakan emulator Android di PC untuk mengakses akun Shopee.

2. Pola Pembelian yang Tidak Biasa atau Tiba-tiba

Sistem keamanan Shopee juga dapat mendeteksi perubahan drastis dalam pola pembelian. Misalnya, jika pengguna tiba-tiba membeli dalam jumlah besar atau produk dari kategori yang tidak biasa, hal ini bisa dianggap sebagai aktivitas mencurigakan.

3. Aktivitas Login dari Lokasi Tidak Biasa

Jika terjadi login atau aktivitas akun dari lokasi yang tidak biasa atau jauh dari lokasi biasanya, sistem keamanan Shopee akan menandainya sebagai aktivitas mencurigakan. Perubahan lokasi yang signifikan ini bisa terjadi saat pengguna sedang bepergian atau menggunakan VPN.

Advertisements

4. Perubahan Metode Pembayaran yang Tidak Biasa

Mengubah metode pembayaran secara tiba-tiba atau menggunakan metode pembayaran baru yang belum pernah digunakan sebelumnya dapat dianggap mencurigakan oleh sistem. Sistem keamanan akan lebih waspada terhadap perubahan yang tidak biasa dalam metode pembayaran untuk mencegah penipuan.

5. Kegagalan Verifikasi Informasi atau Detail Pembayaran

Kesalahan dalam proses verifikasi informasi akun atau detail pembayaran seperti alamat pengiriman yang salah atau masalah pada nomor kartu kredit juga dapat memicu pesan kesalahan ini.

Advertisements

6. Aktivitas yang Melanggar S&K Shopee

Segala aktivitas yang melanggar syarat dan ketentuan Shopee, seperti pembelian produk terlarang atau transaksi mencurigakan lainnya, bisa memicu pesan “(M01): Checkout gagal.”

Pengalaman Mengatasi (M01): Checkout Gagal

Menghadapi pesan “(M01): Checkout gagal” bisa membuat panik, terutama jika Anda sering berbelanja online dan khawatir akun akan diblokir. Namun, berdasarkan pengalaman pengguna, pesan ini sering muncul ketika menggunakan voucher promo tertentu yang sudah habis kuotanya. Jika Anda menonaktifkan penggunaan voucher tersebut, biasanya proses checkout dapat dilanjutkan tanpa masalah.

Advertisements

Strategi untuk Mengatasi Pesan (M01):

  1. Pastikan Akun dan Aktivitas Terverifikasi:
    • Verifikasi informasi akun secara berkala.
    • Gunakan metode pembayaran yang sudah pernah digunakan sebelumnya.
  2. Konsistensi dalam Aktivitas Belanja:
    • Usahakan untuk mempertahankan pola pembelian yang konsisten.
    • Hindari perubahan drastis dalam metode pembayaran atau jumlah pembelian.
  3. Hindari Pelanggaran S&K:
    • Patuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku di Shopee.
    • Jangan melakukan aktivitas yang dapat dianggap sebagai pelanggaran atau mencurigakan.
  4. Cari Bantuan dari Layanan Pelanggan:
    • Jika pesan kesalahan terus muncul, segera hubungi layanan pelanggan Shopee untuk mendapatkan bantuan.

Dengan memahami dan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi risiko munculnya pesan “(M01): Checkout gagal karena terdapat aktivitas mencurigakan” dan memastikan proses belanja online berjalan lancar tanpa hambatan. Tetap waspada dan prioritaskan keamanan akun Anda setiap kali bertransaksi di Shopee.

Advertisements

Tinggalkan komentar