Floating Market Lembang Bandung

Advertisements

Di antara rimbunnya perbukitan Lembang, Bandung, berdirilah sebuah pasar unik yang mengapung di atas danau, yaitu Floating Market Lembang Bandung. Pasar yang telah berdiri sejak tahun 2012 ini menawarkan pengalaman belanja dan wisata yang berbeda dari pasar pada umumnya.

Floating Market Lembang Bandung memiliki konsep pasar terapung yang mengusung kearifan lokal. Pengunjung dapat berkeliling danau menggunakan perahu-perahu kecil untuk mengunjungi kios-kios yang berjejer di tepian danau.

Advertisements

Pengenalan Floating Market Lembang Bandung

Terletak di kawasan pegunungan Lembang, Floating Market Lembang Bandung menawarkan konsep pasar unik yang memadukan wisata kuliner dan belanja di atas perahu.

Pasar ini didirikan pada tahun 2012 dan telah menjadi destinasi wisata populer di Bandung. Terletak di Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Floating Market Lembang buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Advertisements

Floating Market Lembang memiliki lebih dari 150 perahu yang berjualan berbagai makanan dan minuman tradisional, suvenir, kerajinan tangan, dan produk pertanian.

Pengalaman Unik

Pengunjung dapat berkeliling pasar dengan menyewa perahu dengan biaya yang terjangkau. Pengalaman berbelanja sambil menikmati pemandangan danau yang indah membuat Floating Market Lembang menjadi destinasi wisata yang unik.

Advertisements

Kuliner Khas

Floating Market Lembang terkenal dengan berbagai kuliner khas Bandung, seperti surabi, batagor, siomay, dan mie kocok. Pengunjung dapat mencicipi makanan lezat sambil menikmati suasana pasar yang asri.

Nikmati suasana belanja unik di Floating Market Lembang Bandung, dimana pengunjung dapat berkeliling menggunakan perahu dan membeli berbagai oleh-oleh. Untuk melengkapi perjalanan wisata Anda, jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Lembang Wonderland, taman hiburan yang menawarkan beragam wahana seru. Harga tiket masuk Lembang Wonderland bervariasi tergantung hari kunjungan.

Advertisements

Setelah puas bermain di Lembang Wonderland, Anda dapat kembali ke Floating Market Lembang Bandung untuk menikmati kuliner khas daerah dan suasana sore yang menenangkan.

Aktivitas Menarik

Selain berbelanja dan kuliner, Floating Market Lembang juga menawarkan berbagai aktivitas menarik, seperti:

Advertisements
  • Menikmati pertunjukan musik tradisional
  • Bermain permainan tradisional
  • Memancing
  • Berfoto di spot-spot Instagramable

Daya Tarik Floating Market Lembang Bandung

Floating Market Lembang Bandung menawarkan pengalaman belanja unik dan menarik di atas air. Pasar terapung ini menampilkan beragam perahu dan kios yang menjual berbagai produk dan suvenir.

Jenis Perahu dan Kios

Pasar ini memiliki berbagai jenis perahu, dari perahu kayu tradisional hingga perahu modern yang lebih besar. Kios-kios di atas perahu menjual berbagai macam barang, mulai dari makanan dan minuman hingga kerajinan tangan dan barang antik.

Advertisements

Produk dan Suvenir

Pengunjung dapat menemukan berbagai produk dan suvenir di Floating Market Lembang Bandung, antara lain:

  • Makanan dan minuman, seperti makanan ringan, makanan berat, dan minuman segar
  • Kerajinan tangan, seperti kain batik, ukiran kayu, dan aksesoris
  • Barang antik, seperti furnitur, lampu, dan keramik

Aktivitas Menarik

Selain berbelanja, pengunjung juga dapat menikmati aktivitas menarik di Floating Market Lembang Bandung, seperti:

Advertisements
  • Naik perahu mengelilingi pasar dan menikmati pemandangan
  • Berbelanja oleh-oleh dan suvenir unik
  • Menikmati makanan dan minuman di atas perahu

Kuliner di Floating Market Lembang Bandung

Lembang danau tepi keindahan wahana inilah terapung pasar keluarga menarik paling barat perahu kawasan memang pemandangan

Floating Market Lembang Bandung menawarkan beragam kuliner khas yang menggugah selera. Dari hidangan tradisional hingga modern, pasar terapung ini menyajikan pilihan makanan yang akan memuaskan setiap lidah.

Advertisements

Salah satu hidangan populer adalah surabi. Kue dadar tradisional ini dibuat dari tepung beras dan diisi dengan berbagai isian, seperti keju, cokelat, dan pisang. Cita rasanya yang gurih dan manis berpadu sempurna, menciptakan kudapan yang nikmat.

Aneka Hidangan Tradisional

  • Mie Kocok:Hidangan mie dengan kuah kaldu sapi yang kaya, disajikan dengan potongan kikil, taoge, dan daun bawang.
  • Batagor:Siomay khas Bandung yang digoreng, terbuat dari campuran ikan dan tepung tapioka.
  • Cilok:Bakso kecil yang terbuat dari tepung tapioka dan disajikan dengan saus kacang pedas.

Kuliner Modern, Floating market lembang bandung

  • Pizza:Pizza panggang dengan berbagai topping, seperti keju, pepperoni, dan sayuran.
  • Pasta:Hidangan pasta dengan saus tomat, krim, atau pesto, disajikan dengan daging atau sayuran.
  • Sushi:Gulungan nasi Jepang yang diisi dengan ikan mentah, sayuran, atau telur.

Selain itu, Floating Market Lembang Bandung juga menawarkan berbagai minuman menyegarkan, seperti kopi, teh, dan jus buah. Pengunjung dapat menikmati hidangan kuliner mereka sambil menikmati suasana pasar terapung yang unik dan memesona.

Advertisements

Menjelajahi Floating Market Lembang Bandung, destinasi wisata yang unik, menawarkan pengalaman berbelanja yang tak terlupakan. Untuk memasuki pasar terapung yang memikat ini, Anda dapat memperoleh tiket masuk floating market yang terjangkau. Floating Market Lembang Bandung menyuguhkan suasana yang asri, dengan deretan perahu yang berjejer rapi, menyajikan berbagai pilihan barang dagangan.

Dari suvenir hingga kuliner khas, Anda dapat menemukan semua yang Anda cari di sini.

Advertisements

Pengalaman Berbelanja di Floating Market Lembang Bandung

Lembang wisata tempat java pasar apung situ terapung restoran cimahi keindahan tangerang atas danau seperti lokasi makan populer mengunjungi

Floating Market Lembang Bandung menawarkan pengalaman belanja yang unik dan berkesan. Pengunjung dapat menjelajahi kios-kios terapung di atas danau, menemukan berbagai macam produk dan oleh-oleh khas Bandung.

Advertisements

Harga dan Kualitas Produk

Harga produk di Floating Market Lembang Bandung bervariasi tergantung pada kios dan jenis produk. Umumnya, harga terjangkau dan sebanding dengan kualitas barang. Pengunjung dapat menemukan suvenir murah seperti gantungan kunci dan kaos hingga barang-barang kerajinan berkualitas tinggi seperti keramik dan lukisan.

Tips Menawar

Menawar merupakan hal yang umum di Floating Market Lembang Bandung. Pengunjung dapat mencoba menawar dengan sopan untuk mendapatkan harga terbaik. Berikut beberapa tips untuk menawar:*

Advertisements
  • Mulai dengan harga yang lebih rendah dari yang diharapkan.
  • Bersikaplah ramah dan sopan.
  • Jelaskan alasan mengapa Anda ingin menawar.
  • Bersiaplah untuk pergi jika tidak mendapatkan harga yang diinginkan.

Testimoni Pengunjung

Pengunjung yang pernah berbelanja di Floating Market Lembang Bandung memberikan ulasan positif. Mereka memuji keunikan pengalaman berbelanja, harga terjangkau, dan keramahan para penjual.

Saya sangat menikmati berbelanja di Floating Market Lembang Bandung. Pengalamannya unik dan saya menemukan banyak suvenir khas Bandung dengan harga yang bagus.

Advertisements

Sarah, Jakarta

Setelah puas menjelajahi Floating Market Lembang Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Dago Park , destinasi wisata lain yang tak kalah menarik di Bandung. Dengan taman bermain yang luas, area berkuda, dan pemandangan alam yang indah, Dago Park menawarkan pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan.

Advertisements

Usai bertualang di Dago Park, kembali lagi ke Floating Market Lembang Bandung untuk menikmati aneka kuliner dan suvenir khas Bandung.

Aksesibilitas dan Fasilitas Floating Market Lembang Bandung

Floating market lembang bandung

Advertisements

Mengunjungi Floating Market Lembang Bandung akan semakin menyenangkan jika Anda mengetahui aksesibilitas dan fasilitas yang tersedia. Pasar ini sangat mudah dijangkau dan menyediakan berbagai kemudahan untuk membuat kunjungan Anda nyaman dan berkesan.

Petunjuk Arah

Kendaraan Pribadi:Floating Market Lembang terletak di Jalan Grand Hotel Nomor 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Anda dapat berkendara sekitar 30 menit dari pusat Kota Bandung melalui Jalan Setiabudi-Lembang.

Advertisements

Transportasi Umum:Bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi, dapat menggunakan angkutan umum seperti bus atau kereta api. Dari Stasiun Bandung, Anda dapat naik kereta api lokal menuju Stasiun Lembang. Dari sana, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum atau taksi menuju Floating Market.

Fasilitas

  • Tempat Parkir:Tersedia area parkir yang luas untuk menampung kendaraan pengunjung.
  • Toilet:Fasilitas toilet bersih dan terawat tersedia di beberapa titik di area pasar.
  • Area Istirahat:Terdapat area istirahat yang nyaman dengan bangku-bangku untuk bersantai atau menikmati makanan dan minuman.
  • Musala:Bagi pengunjung Muslim, tersedia musala untuk beribadah.
  • Aksesibilitas Penyandang Disabilitas:Floating Market Lembang memiliki aksesibilitas yang baik bagi penyandang disabilitas. Tersedia jalur khusus kursi roda dan toilet yang ramah disabilitas.

Tips Mengunjungi Floating Market Lembang Bandung

Merencanakan kunjungan ke Floating Market Lembang Bandung yang memikat membutuhkan persiapan yang matang. Berikut adalah beberapa tips penting untuk memastikan pengalaman yang tak terlupakan:

Advertisements

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Untuk menghindari keramaian dan menikmati suasana yang lebih tenang, disarankan untuk mengunjungi pasar pada hari kerja. Jika Anda ingin merasakan hiruk pikuk pasar yang semarak, akhir pekan bisa menjadi pilihan yang lebih tepat.

Berpakaian Nyaman

Floating Market Lembang Bandung adalah pasar terapung yang unik, jadi bersiaplah untuk berjalan kaki dan menjelajahi pasar di atas perahu. Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman agar dapat menikmati pengalaman Anda dengan maksimal.

Advertisements

Persiapan Cuaca

Lembang terkenal dengan cuacanya yang sejuk, jadi bawalah jaket atau syal untuk berjaga-jaga. Siapkan juga payung atau jas hujan karena cuaca bisa berubah dengan cepat.

Membawa Uang Tunai

Banyak pedagang di Floating Market Lembang Bandung menerima uang tunai saja. Pastikan untuk membawa cukup uang tunai untuk membeli suvenir, makanan, dan aktivitas.

Advertisements

Manfaatkan Fasilitas

Floating Market Lembang Bandung menyediakan berbagai fasilitas, seperti area parkir yang luas, toilet, dan musala. Manfaatkan fasilitas ini untuk kenyamanan dan kemudahan Anda.

Hormati Pedagang

Ingatlah untuk menghormati para pedagang dan tradisi pasar. Bersikaplah sopan dan ramah, serta patuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku.

Advertisements

Dampak Ekonomi dan Sosial Floating Market Lembang Bandung

Floating market lembang bandung

Kehadiran Floating Market Lembang Bandung memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat sekitar. Berikut adalah penjelasan mengenai dampak tersebut:

Advertisements

Peningkatan Ekonomi Lokal

Pasar ini menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat setempat. Para pedagang, baik yang menjajakan makanan, minuman, maupun kerajinan tangan, memperoleh penghasilan dari aktivitas mereka. Selain itu, keberadaan pasar juga mendorong pertumbuhan usaha-usaha lain di sekitarnya, seperti jasa transportasi dan akomodasi.

Dampak Sosial

Floating Market Lembang Bandung menjadi wadah interaksi sosial bagi masyarakat. Pasar ini menjadi tempat berkumpul dan berinteraksi antara pedagang dan pembeli, serta menjadi sarana hiburan dan rekreasi bagi pengunjung. Kehadiran pasar juga memperkuat rasa kebersamaan dan gotong royong antar warga.

Advertisements

Upaya Pelestarian dan Pengembangan

Untuk menjaga kelestarian dan mengembangkan Floating Market Lembang Bandung, diperlukan upaya-upaya berkelanjutan. Hal ini meliputi:

  • Pemeliharaan infrastruktur dan kebersihan pasar
  • Peningkatan fasilitas dan layanan bagi pengunjung
  • Pelatihan dan pemberdayaan pedagang
  • Promosi dan pemasaran pasar

Ulasan Penutup

Floating Market Lembang Bandung tidak hanya menjadi destinasi wisata yang menarik, tetapi juga berkontribusi pada perekonomian lokal dan melestarikan budaya setempat. Pasar ini menjadi bukti bahwa kreativitas dan inovasi dapat menciptakan destinasi wisata yang unik dan berkelanjutan.

Advertisements
Advertisements

Tinggalkan komentar