Tempat Wisata Bandung Selatan

Advertisements

Tempat wisata bandung selatan – Bersiaplah untuk terpukau oleh pesona tersembunyi Bandung Selatan, surga wisata yang menawarkan beragam pilihan destinasi menarik. Dari objek wisata alam yang memukau hingga tempat wisata kuliner yang menggugah selera, ada sesuatu untuk setiap orang di sini.

Nikmati keindahan alam di objek wisata seperti Kawah Putih, Curug Cimahi, dan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Manjakan diri Anda dengan wahana seru dan atraksi menarik di tempat wisata keluarga seperti Farmhouse Lembang dan Floating Market Lembang. Cicipi kelezatan hidangan khas Bandung Selatan di tempat wisata kuliner seperti Warung Nasi Ampera dan Kampung Daun.

Advertisements

Objek Wisata Alam

Bandung Selatan menyimpan kekayaan alam yang memukau, mulai dari pegunungan yang menjulang hingga air terjun yang menawan. Jelajahi keindahan alam ini dan ciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Gunung Patuha

Gunung Patuha adalah gunung berapi aktif yang menawarkan pemandangan kawah yang memukau. Pendakian ke puncaknya akan menguji batas fisik Anda, tetapi pemandangan yang tersaji dari atas sepadan dengan usaha yang dikeluarkan.

Advertisements

Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah danau indah yang terletak di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Dikelilingi oleh perbukitan hijau dan hutan pinus, danau ini menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Menjelajahi pesona tempat wisata Bandung Selatan memang tak ada habisnya. Salah satu destinasi yang tak boleh dilewatkan adalah nagrak parongpong lembang . Hamparan perbukitan hijau dan udara sejuk akan menyambut Anda di tempat wisata ini. Menikmati keindahan alam sambil bersantai di kafe atau vila yang tersebar di area tersebut menjadi pilihan yang tepat untuk melepas penat.

Advertisements

Air Terjun Curug Nangka

Air Terjun Curug Nangka adalah air terjun bertingkat yang terletak di tengah hutan tropis. Suara air yang jatuh bergema di sekitar, menciptakan suasana yang menenangkan. Nikmati kesegaran air terjun dengan berenang atau sekadar bersantai di sekitarnya.

Advertisements

Tempat Wisata Keluarga

Bandung selatan wisata

Bandung Selatan menyimpan banyak destinasi wisata yang cocok untuk liburan keluarga. Tempat-tempat ini menawarkan beragam wahana, atraksi, dan fasilitas yang dapat dinikmati oleh segala usia.

Advertisements

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata keluarga di Bandung Selatan yang dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu bersama:

Taman Rekreasi

  • Trans Studio Bandung: Taman bermain indoor terbesar di Indonesia dengan lebih dari 20 wahana dan atraksi yang memacu adrenalin, seperti Giant Swing dan Yamaha Racing Coaster.
  • Farmhouse Lembang: Destinasi wisata edukatif yang menyuguhkan berbagai aktivitas seperti memberi makan hewan, berinteraksi dengan hewan peliharaan, dan menjelajahi rumah hobbit.
  • The Great Asia Afrika: Taman hiburan yang menampilkan miniatur bangunan ikonik dari berbagai negara di Asia dan Afrika, serta wahana permainan yang menghibur.

Tempat Wisata Alam

  • Gunung Tangkuban Perahu: Gunung berapi yang memiliki kawah dengan pemandangan yang menakjubkan. Pengunjung dapat mendaki hingga ke kawah atau menikmati pemandangan dari kejauhan.
  • Situ Patenggang: Danau yang indah dengan suasana yang tenang dan asri. Pengunjung dapat menikmati pemandangan danau dari atas perahu atau bersantai di sekitar tepi danau.
  • Kawah Putih: Kawah vulkanik dengan air berwarna biru kehijauan yang unik. Pengunjung dapat menikmati pemandangan kawah dari atas atau menuruni tangga untuk melihat lebih dekat.

Tempat Wisata Budaya

  • Saung Angklung Udjo: Pusat kesenian yang menampilkan pertunjukan angklung tradisional. Pengunjung dapat belajar memainkan angklung dan membeli oleh-oleh kerajinan tangan.
  • Museum Pos Indonesia: Museum yang memamerkan sejarah dan perkembangan layanan pos di Indonesia. Pengunjung dapat melihat koleksi perangko dan alat-alat pos kuno.
  • Kampung Gajah: Desa wisata yang menampilkan rumah-rumah tradisional Sunda dan berbagai aktivitas budaya, seperti membatik dan menari.

Tempat Wisata Kuliner

Tempat wisata bandung selatan

Advertisements

Bandung Selatan menawarkan berbagai pilihan kuliner khas yang menggugah selera. Dari sajian tradisional hingga hidangan modern, berikut adalah beberapa tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi untuk pengalaman bersantap yang tak terlupakan.

Hidangan Khas Bandung Selatan

  • Sate Maranggi: Daging sapi yang dibumbui rempah-rempah khas dan dipanggang hingga empuk.
  • Kupat Tahu: Ketupat dan tahu yang disiram kuah kacang yang gurih dan pedas.
  • Nasi Timbel: Nasi yang dibungkus daun pisang dan dimasak dengan lauk pauk seperti ayam goreng, ikan asin, dan sambal.

    Advertisements

    Bandung Selatan menyimpan banyak destinasi wisata menarik. Salah satunya adalah Cicalengka yang terkenal dengan tempat wisata cicalengka yang beragam. Mulai dari wisata alam seperti Situ Cileunca hingga wisata kuliner seperti Warung Nasi Ampera. Setelah puas mengeksplorasi Cicalengka, masih banyak tempat wisata Bandung Selatan lainnya yang bisa dikunjungi, seperti Kawah Putih Ciwidey atau Curug Malela.

    Advertisements
  • Mie Kocok: Mie kuning yang disiram kuah kaldu sapi yang kaya rasa dan ditaburi kikil dan sumsum.
  • Pisang Bolen: Kue pastry berisi pisang yang manis dan legit.

Rekomendasi Tempat Makan

  • Warung Sate Maranggi Mang Ujang: Sate maranggi legendaris dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam daging.
  • Kupat Tahu Gempol: Kupat tahu dengan kuah kacang yang gurih dan pedas yang menggugah selera.
  • Nasi Timbel Bu Eha: Nasi timbel yang dimasak dengan sempurna dan disajikan dengan lauk pauk yang lezat.

  • Mie Kocok Mang Dadang: Mie kocok dengan kuah kaldu sapi yang kaya rasa dan kikil yang empuk.
  • Pisang Bolen Kartika Sari: Pisang bolen dengan isian pisang yang manis dan legit, cocok untuk oleh-oleh.

Tempat Wisata Sejarah: Tempat Wisata Bandung Selatan

Tempat wisata bandung selatan

Advertisements

Bandung Selatan kaya akan situs sejarah yang memikat, menjadikannya tujuan wisata yang sempurna bagi para pecinta sejarah. Dari benteng peninggalan kolonial hingga bangunan arsitektur yang menawan, daerah ini menawarkan wawasan unik tentang masa lalu yang penuh peristiwa.

Bandung Selatan kaya akan tempat wisata yang memanjakan mata. Selain itu, daerah ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti rest area 72 . Rest area ini menawarkan tempat istirahat yang nyaman bagi wisatawan yang ingin melepas lelah setelah menjelajahi keindahan Bandung Selatan.

Advertisements

Dengan fasilitas lengkapnya, rest area 72 menjadi pilihan yang tepat untuk beristirahat dan mengisi kembali energi sebelum melanjutkan perjalanan.

Benteng Van der Capellen

Dibangun pada tahun 1832, Benteng Van der Capellen adalah saksi bisu dari perjuangan kemerdekaan Indonesia. Benteng ini memainkan peran penting dalam Perang Padri dan Perang Diponegoro. Nilai arsitekturnya yang mengesankan memadukan gaya Eropa dan tradisional, menampilkan tembok tinggi, menara pengawas, dan halaman yang luas.

Advertisements

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 16.00 WIB

Biaya Masuk: Rp10.000 per orang

Advertisements

Gedung Merdeka

Sebagai tempat penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955, Gedung Merdeka menjadi simbol penting gerakan non-blok. Arsitektur art deco-nya yang elegan dirancang oleh arsitek Belanda, Albert Aalbers, dan menampilkan interior yang mewah dengan ruang ballroom yang luas dan ruang pertemuan yang intim.

Jam Operasional: Senin – Jumat, pukul 08.00 – 16.00 WIB

Advertisements

Biaya Masuk: Gratis

Museum Sri Baduga

Menampilkan koleksi lebih dari 5.000 artefak, Museum Sri Baduga adalah tempat yang tepat untuk menjelajahi sejarah dan budaya Jawa Barat. Pameran museum mencakup koleksi keramik, senjata tradisional, dan tekstil yang memberikan wawasan tentang kehidupan masyarakat Sunda dari masa prasejarah hingga masa modern.

Advertisements

Jam Operasional: Selasa – Minggu, pukul 08.00 – 16.00 WIB

Biaya Masuk: Rp15.000 per orang

Advertisements

Tempat Wisata Instagramable

Bandung sebandung majalaya

Bandung Selatan menawarkan beragam tempat wisata yang memanjakan mata dengan keindahan alamnya. Selain itu, banyak pula spot foto estetik yang siap mempercantik feed Instagram Anda. Berikut beberapa tempat wisata instagramable yang wajib dikunjungi:

Advertisements

Kebun Begonia Lembang

Kebun Begonia Lembang memiliki koleksi lebih dari 500 jenis bunga begonia. Berbagai warna dan bentuk bunga yang unik menciptakan latar belakang yang indah untuk foto-foto Anda. Jangan lewatkan juga taman tematiknya yang tak kalah instagramable.

Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole merupakan rumah bagi lebih dari 20.000 anggrek dari berbagai spesies. Nikmati keindahan anggrek yang tertata apik di dalam rumah kaca raksasa. Spot foto yang paling ikonik adalah jembatan gantung yang menawarkan pemandangan hutan pinus yang menakjubkan.

Advertisements

Floating Market Lembang

Floating Market Lembang adalah pasar terapung yang menyuguhkan pengalaman unik. Anda dapat menyusuri pasar dengan perahu sambil menikmati hidangan lezat. Arsitektur pasar yang unik dengan rumah-rumah warna-warni dan jembatan kayu menjadi spot foto yang Instagramable.

The Lodge Maribaya, Tempat wisata bandung selatan

The Lodge Maribaya menawarkan berbagai aktivitas seru seperti sky bike, sky swing, dan zipline. Selain itu, terdapat juga spot foto yang menarik seperti ayunan dengan pemandangan alam yang indah. Nikmati sensasi berayun di ketinggian sambil mengabadikan momen-momen berharga.

Advertisements

Farm House Lembang

Farm House Lembang adalah tempat wisata keluarga yang mengusung konsep pertanian. Terdapat banyak spot foto yang unik, seperti rumah hobbit, taman bunga, dan kandang hewan. Anda juga dapat menikmati berbagai wahana permainan dan edukasi yang cocok untuk segala usia.

Terakhir

Bandung wisata terfavorit

Advertisements

Jelajahi sejarah dan arsitektur yang kaya di tempat wisata bersejarah seperti Gedung Sate dan Museum Geologi. Abadikan momen indah di tempat wisata Instagramable seperti The Great Asia Africa dan Dago Dreampark. Bandung Selatan menanti untuk memanjakan Anda dengan pesonanya yang tak terlupakan.

Advertisements

Tinggalkan komentar