Bumi Sangkuriang Bandung

Advertisements

Bumi Sangkuriang Bandung, sebuah kawasan yang kaya akan legenda, keindahan alam, dan warisan budaya, memikat pengunjung dengan pesonanya yang unik. Terinspirasi dari kisah cinta tragis Sangkuriang, kawasan ini menawarkan berbagai atraksi, mulai dari Gunung Tangkuban Perahu yang ikonis hingga Pura Parahyangan yang sakral.

Legenda Sangkuriang yang abadi telah mengakar dalam budaya Bandung, membentuk identitas kota dan menginspirasi seni, musik, dan tradisi setempat. Pengunjung dapat menjelajahi kawasan ini dan menemukan jejak legenda ini, serta mengagumi keindahan alam dan warisan budaya yang menjadikannya tempat yang luar biasa.

Advertisements

Legenda Sangkuriang

Legenda Sangkuriang merupakan cerita rakyat populer yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia. Legenda ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Sangkuriang yang jatuh cinta pada ibunya sendiri tanpa menyadari identitasnya yang sebenarnya.

Legenda ini memiliki banyak versi, namun secara umum kisahnya adalah sebagai berikut:

Advertisements

Asal-usul Legenda

Legenda Sangkuriang diperkirakan berasal dari abad ke-15, pada masa Kerajaan Sunda. Cerita ini awalnya diceritakan secara lisan dan kemudian ditulis dalam bentuk naskah pada abad ke-19.

Kisah Legenda

Pada zaman dahulu, hiduplah seorang putri bernama Dayang Sumbi yang memiliki seorang anak laki-laki bernama Sangkuriang. Dayang Sumbi mengusir Sangkuriang karena kesalahpahaman. Sangkuriang pun pergi mengembara dan menjadi seorang pemburu yang terampil.

Advertisements

Setelah bertahun-tahun, Sangkuriang kembali ke kampung halamannya dan bertemu dengan seorang wanita cantik. Tanpa mengetahui bahwa wanita itu adalah ibunya sendiri, Sangkuriang jatuh cinta dan melamarnya.

Berkunjung ke Bumi Sangkuriang Bandung yang indah, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati suasana yang nyaman di Sierra Cafe Bandung . Kafe yang terletak di kawasan Lembang ini menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman lezat yang akan memanjakan lidah Anda. Nikmati hidangan sambil ditemani pemandangan alam yang asri, membuat momen bersantai di Bumi Sangkuriang Bandung semakin sempurna.

Advertisements

Dayang Sumbi terkejut dan menolak lamaran Sangkuriang. Dia memberikan dua syarat yang mustahil dipenuhi, yaitu membuat sebuah danau dan sebuah perahu dalam waktu semalam.

Advertisements

Sangkuriang yang memiliki kesaktian meminta bantuan para jin untuk memenuhi syarat tersebut. Namun, saat danau dan perahu hampir selesai, Dayang Sumbi membangunkan ayam sehingga para jin pergi dan pekerjaan Sangkuriang pun gagal.

Sangkuriang marah dan menendang perahu yang dibuatnya hingga terbalik. Perahu itu kemudian berubah menjadi Gunung Tangkuban Perahu, sedangkan air di danau yang dibuat Sangkuriang menjadi Situ Lembang.

Advertisements

Karakter Utama

Dalam legenda Sangkuriang, terdapat beberapa karakter utama, antara lain:

  • Dayang Sumbi:Seorang putri yang mengusir anaknya sendiri karena kesalahpahaman.
  • Sangkuriang:Anak laki-laki Dayang Sumbi yang jatuh cinta pada ibunya sendiri tanpa menyadari identitasnya.

Kawasan Bumi Sangkuriang

Sangkuriang bumi ciumbuleuit bandung fasilitas mempesona

Advertisements

Kawasan Bumi Sangkuriang terletak di Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kawasan ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Bandung, dengan luas sekitar 12 hektar.

Nama Bumi Sangkuriang diambil dari legenda rakyat Sunda yang terkenal, yaitu kisah Sangkuriang dan Dayang Sumbi. Konon, kawasan ini merupakan tempat tinggal Sangkuriang dan Dayang Sumbi saat mereka hidup bersama.

Advertisements

Fasilitas dan Atraksi

  • Taman Bunga: Kawasan ini memiliki taman bunga yang indah dan luas, dengan berbagai jenis bunga warna-warni yang mekar sepanjang tahun.
  • Taman Bermain: Tersedia berbagai fasilitas bermain untuk anak-anak, seperti ayunan, perosotan, dan trampolin.
  • Area Piknik: Tersedia area piknik yang nyaman dan rindang, cocok untuk bersantai dan menikmati suasana alam.
  • Warung Makan: Di dalam kawasan terdapat warung makan yang menyediakan berbagai makanan dan minuman.
  • Gazebo: Tersedia gazebo-gazebo yang dapat digunakan untuk bersantai atau berteduh dari terik matahari.

Gunung Tangkuban Perahu

Bumi sangkuriang

Gunung Tangkuban Perahu merupakan gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Gunung ini memiliki legenda yang terkenal, yaitu Legenda Sangkuriang. Legenda tersebut mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Sangkuriang yang jatuh cinta pada ibunya sendiri, Dayang Sumbi.

Advertisements

Menurut legenda, Dayang Sumbi mengusir Sangkuriang setelah mengetahui kebenaran tersebut. Sangkuriang yang marah kemudian bersumpah akan membendung Sungai Citarum dan menikahi ibunya. Namun, Dayang Sumbi menggagalkan rencana Sangkuriang dengan menancapkan sebuah tongkat sakti yang berubah menjadi gunung, yaitu Gunung Tangkuban Perahu.

Karakteristik Gunung Tangkuban Perahu

  • Ketinggian: 2.084 meter di atas permukaan laut
  • Tipe erupsi: Strombolian

Aktivitas Vulkanik

Gunung Tangkuban Perahu merupakan gunung berapi aktif. Letusan terakhir terjadi pada tahun 2019. Saat ini, gunung ini berstatus waspada.

Advertisements

Bumi Sangkuriang Bandung menawarkan beragam destinasi wisata yang memukau, salah satunya adalah Dago Park . Terletak di kawasan Dago Atas, taman rekreasi ini menyuguhkan pemandangan kota Bandung yang menakjubkan dari ketinggian. Selain itu, Dago Park juga memiliki wahana seru seperti bianglala dan kereta gantung yang akan menambah keseruan liburan Anda.

Setelah puas menikmati keindahan Dago Park, jangan lewatkan untuk kembali ke Bumi Sangkuriang Bandung dan menjelajahi kekayaan sejarah dan budaya yang dimilikinya.

Advertisements

Pura Parahyangan

Pura Parahyangan merupakan situs suci yang terkait dengan legenda Sangkuriang. Pura ini memiliki sejarah dan signifikansi yang dalam bagi masyarakat setempat.

Arsitektur dan Fitur Utama

Pura Parahyangan dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Sunda. Pura ini memiliki beberapa fitur utama, antara lain:

Advertisements
  • Gerbang paduraksa: Gerbang masuk pura yang dihiasi dengan ukiran khas Sunda.
  • Bale pesraman: Tempat beristirahat dan bermeditasi.
  • Padmasana: Tempat pemujaan yang berbentuk teratai.
  • Candi bentar: Gerbang yang memisahkan ruang suci dan tidak suci.

Peran dalam Legenda Sangkuriang

Dalam legenda Sangkuriang, Pura Parahyangan dipercaya sebagai tempat di mana Sangkuriang melakukan tapa dan bertemu dengan Dayang Sumbi, ibunya.

Menurut legenda, Sangkuriang ingin menikahi Dayang Sumbi, tetapi Dayang Sumbi menolak karena dia adalah ibunya. Sangkuriang marah dan menendang perahu yang digunakan Dayang Sumbi untuk melarikan diri. Perahu itu terbalik dan menjadi Gunung Tangkuban Perahu, sedangkan Dayang Sumbi menjadi Dewi Sri.

Advertisements

Kepercayaan Masyarakat Setempat

Masyarakat setempat percaya bahwa Pura Parahyangan adalah tempat yang suci dan memiliki kekuatan gaib. Pura ini sering dikunjungi untuk berdoa, bermeditasi, dan mencari berkah.

Taman Buru Masigit Kareumbi

Taman Buru Masigit Kareumbi merupakan kawasan konservasi yang terletak di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Taman ini dapat diakses melalui Jalan Raya Rajamandala-Ciwidey sekitar 35 km dari pusat Kota Bandung.Taman Buru Masigit Kareumbi memiliki luas sekitar 22.000 hektare dan merupakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna.

Advertisements

Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai jenis pohon seperti pinus, damar, dan jati. Selain itu, terdapat juga berbagai jenis mamalia seperti rusa, monyet, dan babi hutan.

Aktivitas Wisata

Taman Buru Masigit Kareumbi menawarkan berbagai aktivitas wisata, di antaranya:

Advertisements
  • Safari: Pengunjung dapat mengikuti safari dengan menggunakan kendaraan untuk melihat satwa liar di habitat aslinya.
  • Berkemah: Tersedia area perkemahan bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan udara segar di malam hari.
  • Trekking: Pengunjung dapat menjelajahi jalur trekking yang telah disediakan untuk menikmati pemandangan alam dan mengamati satwa liar.

Tips Berkunjung

Bumi sangkuriang bandung

Untuk merencanakan perjalanan yang tak terlupakan ke Kawasan Bumi Sangkuriang, berikut beberapa tips yang patut dipertimbangkan:

Advertisements

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kawasan Bumi Sangkuriang adalah saat musim kemarau, antara bulan April hingga Oktober. Pada periode ini, cuaca cerah dan minim hujan, sehingga sangat cocok untuk aktivitas wisata di alam terbuka.

Bumi Sangkuriang Bandung merupakan destinasi wisata menarik yang menyuguhkan pemandangan alam memukau. Jika Anda mencari pengalaman wisata terbaru di Bandung, jangan lewatkan berbagai pilihan yang ditawarkan kota ini, seperti wisata alam, kuliner, hingga wisata edukasi. Setelah puas mengeksplor wisata terbaru di Bandung , sempatkan untuk kembali mengunjungi Bumi Sangkuriang Bandung dan nikmati keindahannya yang tak lekang oleh waktu.

Advertisements

Cara Menuju ke Sana

Kawasan Bumi Sangkuriang dapat diakses dengan berbagai cara, baik menggunakan kendaraan pribadi, transportasi umum, maupun jasa tur.

Advertisements
  • Kendaraan Pribadi:Dari Bandung, ikuti Jalan Raya Bandung-Lembang hingga tiba di kawasan wisata.
  • Transportasi Umum:Naik bus jurusan Bandung-Lembang dari Terminal Cicaheum. Turun di Pasar Lembang dan lanjutkan perjalanan dengan angkutan kota.
  • Jasa Tur:Tersedia banyak agen tur yang menawarkan paket perjalanan ke Kawasan Bumi Sangkuriang, lengkap dengan transportasi dan pemandu wisata.

Hal yang Harus Dilakukan

Kawasan Bumi Sangkuriang menawarkan beragam aktivitas wisata yang menarik, antara lain:

  • Berkunjung ke Tangkuban Perahu:Saksikan kawah vulkanik yang indah dengan pemandangan alam yang menakjubkan.
  • Menikmati Mata Air Ciater:Berendam di mata air panas alami untuk relaksasi dan kesehatan.
  • Eksplorasi Gunung Tangkuban Parahu:Jelajahi lereng gunung dengan pemandangan yang memukau.
  • Belanja Kerajinan Tangan:Kunjungi kios-kios kerajinan tangan di sekitar kawasan wisata untuk membeli suvenir unik.

Rekomendasi Akomodasi dan Restoran

Terdapat berbagai pilihan akomodasi dan restoran di sekitar Kawasan Bumi Sangkuriang, mulai dari hotel mewah hingga penginapan sederhana.

Advertisements

Beberapa rekomendasi akomodasi:

  • The Green Forest Resort
  • Lembang Asri Resort
  • Villa Istana Bunga

Beberapa rekomendasi restoran:

Advertisements
  • Warung Nasi Ampera
  • Rumah Makan Sari Ater
  • Kafe D’Pakar

Dampak Legenda Sangkuriang: Bumi Sangkuriang Bandung

Bumi sangkuriang reviews bandung tripadvisor overview location details

Legenda Sangkuriang telah menjadi bagian integral dari budaya dan masyarakat Bandung. Pengaruhnya terlihat jelas dalam seni, musik, dan tradisi setempat, membentuk identitas budaya kota yang unik.

Advertisements

Seni dan Sastra

Legenda Sangkuriang telah mengilhami banyak karya seni dan sastra. Pelukis, pematung, dan seniman lainnya telah menggambarkan adegan-adegan dari legenda tersebut, seperti ketika Sangkuriang mengejar Dayang Sumbi atau ketika ia diubah menjadi Gunung Tangkuban Parahu.

Musik dan Pertunjukan

Musik tradisional Sunda seringkali memasukkan unsur-unsur dari legenda Sangkuriang. Alat musik seperti suling dan kecapi digunakan untuk menciptakan melodi yang menceritakan kisah cinta dan pengkhianatan antara Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

Advertisements

Tradisi dan Festival

Legenda Sangkuriang juga tercermin dalam tradisi dan festival lokal. Setiap tahun, diadakan festival budaya di Bandung yang menampilkan pertunjukan tari dan drama yang mengisahkan legenda tersebut. Selain itu, banyak tempat di Bandung dinamai sesuai dengan karakter atau peristiwa dalam legenda, seperti Jalan Sangkuriang dan Situ Patenggang.

Identitas Budaya, Bumi sangkuriang bandung

Legenda Sangkuriang telah menjadi simbol kebanggaan dan identitas budaya bagi masyarakat Bandung. Kisah cinta dan pengkhianatan yang tragis ini mengajarkan nilai-nilai penting seperti pengampunan, kesetiaan, dan tanggung jawab. Legenda ini telah membantu membentuk karakter dan nilai-nilai masyarakat Bandung, menjadikannya bagian yang tak terpisahkan dari warisan budaya kota tersebut.

Advertisements

Pelestarian Legenda dan Kawasan

Bumi sangkuriang bandung

Upaya melestarikan legenda Sangkuriang dan kawasan Bumi Sangkuriang sangat penting untuk menjaga warisan budaya dan daya tarik wisata daerah.

Advertisements

Salah satu upaya pelestarian yang dilakukan adalah melalui pendidikan. Sekolah-sekolah di sekitar kawasan Bumi Sangkuriang memasukkan legenda Sangkuriang dalam kurikulum muatan lokal. Hal ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya dan sejarah kepada generasi muda.

Inisiatif Pariwisata

Selain pendidikan, promosi pariwisata juga menjadi salah satu upaya pelestarian. Pemerintah daerah mengembangkan berbagai paket wisata yang mengusung tema legenda Sangkuriang. Wisatawan dapat mengunjungi situs-situs terkait legenda, seperti Gunung Tangkuban Perahu, Gua Pawon, dan Candi Sangkuriang.

Advertisements

Tantangan dan Peluang

Meskipun ada upaya pelestarian, terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi. Salah satunya adalah urbanisasi yang mengancam kelestarian kawasan Bumi Sangkuriang. Pembangunan perumahan dan komersial dapat merusak situs-situs bersejarah dan mengubah lanskap alam.

Namun, ada juga peluang yang dapat dimanfaatkan. Pengembangan ekowisata dapat memberikan sumber pendapatan alternatif bagi masyarakat sekitar sekaligus menjaga kelestarian lingkungan. Kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pihak swasta sangat penting untuk memastikan keberhasilan upaya pelestarian.

Advertisements

Terakhir

Bumi sangkuriang bandung reviews tripadvisor overview location details

Bumi Sangkuriang Bandung tidak hanya menjadi tujuan wisata yang menarik, tetapi juga pengingat akan kekuatan legenda dan pentingnya melestarikan warisan budaya. Kawasan ini terus menginspirasi dan memikat, menawarkan wawasan yang mendalam tentang sejarah, budaya, dan keindahan alam Indonesia.

Advertisements
Advertisements

Tinggalkan komentar