Cara Mengganti Nomor DANA yang Sudah Tidak Aktif

Advertisements

Cara Mengganti Nomor DANA yang Sudah Tidak Aktif

IsMedia – Nomor telepon yang tidak aktif dapat menjadi masalah besar, terutama ketika digunakan untuk verifikasi berbagai aplikasi e-wallet seperti DANA. Untuk membantu Anda mengatasi masalah ini, kami telah menyusun panduan lengkap yang dapat Anda ikuti untuk mengganti nomor DANA yang sudah tidak aktif.

Advertisements

Mengapa Nomor Telepon Bisa Tidak Aktif?

Nomor telepon bisa menjadi tidak aktif karena beberapa alasan, seperti lupa mengisi pulsa atau tidak memperpanjang masa aktif kartu. Hal ini dapat mengakibatkan nomor tersebut tidak dapat digunakan untuk verifikasi akun e-wallet, termasuk DANA.

Langkah-Langkah Mengganti Nomor DANA yang Sudah Tidak Aktif

1. Buka Aplikasi DANA

Langkah pertama adalah membuka aplikasi DANA pada perangkat Anda. Pastikan Anda telah masuk ke akun DANA menggunakan PIN yang Anda ingat.

Advertisements

2. Masuk ke Menu Pengaturan Keamanan

Pilih opsi “Saya” pada aplikasi DANA dan lanjutkan ke menu “Pengaturan Keamanan”. Di sini, Anda akan menemukan berbagai pengaturan yang terkait dengan keamanan akun Anda.

3. Pilih Opsi “Ubah Nomor Ponsel”

Di dalam menu Pengaturan Keamanan, temukan opsi “Ubah Nomor Ponsel”. Pastikan nomor yang ingin Anda ganti adalah nomor yang tepat dan diinginkan.

Advertisements

4. Lanjutkan Proses Penggantian Nomor

Tap pada opsi “Ganti Nomor” untuk melanjutkan proses penggantian nomor ponsel. Perlu diingat bahwa Anda hanya diperbolehkan mengganti nomor ponsel sekali dalam rentang 90 hari.

5. Konfirmasi Penggantian Nomor

Ikuti instruksi yang diberikan untuk mengkonfirmasi penggantian nomor. Setelah selesai, nomor baru Anda akan terdaftar di aplikasi DANA.

Advertisements

Mengganti Nomor DANA Jika Perangkat Hilang

Jika Anda kehilangan perangkat yang terdaftar di aplikasi DANA, Anda masih dapat melakukan penggantian nomor HP dengan langkah-langkah berikut:

1. Login Kembali dengan Perangkat Lain

Jika Anda memiliki perangkat lain, lakukan login kembali ke akun DANA dengan memasukkan nomor terdaftar dan PIN DANA untuk melakukan verifikasi. Setelah itu, lakukan Ubah Nomor Ponsel di aplikasi DANA.

Advertisements

2. Tidak Memiliki Perangkat Lain

Jika Anda tidak memiliki perangkat lain, Anda dapat mengirim keluhan ke email [email protected]. Sertakan data berikut:

  • Nomor tiket keluhan yang diberikan oleh tim DANA Customer Care.
  • Rekam video selfie dengan memegang kertas yang berisi nomor HP baru, nomor tiket keluhan, dan tanda tangan di atas kertas.
  • Kirim video selfie tersebut ke alamat email [email protected] untuk diproses lebih lanjut.

Apakah Ganti Nomor DANA Mengakibatkan Hilangnya Saldo?

Jawabannya tidak. Ketika Anda mengganti nomor telepon terdaftar di aplikasi DANA, proses tersebut tidak mengakibatkan hilangnya saldo yang ada dalam akun Anda. Saldo tetap terkait dengan akun Anda, bukan nomor telepon.

Advertisements

Jika Anda mengalami masalah dengan saldo setelah mengganti nomor telepon terdaftar di DANA, sebaiknya segera hubungi layanan pelanggan resmi DANA untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Kesimpulan

Mengganti nomor DANA yang sudah tidak aktif bisa dilakukan melalui langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Pastikan untuk mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh DANA dan jika mengalami kesulitan, jangan ragu untuk mencari bantuan lebih lanjut melalui kanal yang disediakan. Dengan begitu, Anda dapat kembali menggunakan e-wallet Anda tanpa kendala. Jangan lupa, nomor yang terdaftar di DANA harus selalu diperbaharui agar berbagai transaksi Anda tetap lancar dan aman.

Advertisements

Dengan mengikuti panduan ini, kami yakin Anda dapat mengganti nomor DANA yang sudah tidak aktif dengan mudah dan cepat.

Advertisements

Tinggalkan komentar