Jarak Bandung Indramayu Via Sumedang

Advertisements

Jarak bandung indramayu via sumedang – Menempuh perjalanan dari Bandung ke Indramayu via Sumedang menawarkan rute alternatif yang indah dan efisien. Nikmati pemandangan alam yang memukau saat Anda menyusuri jalanan berliku yang menghubungkan dua kota yang kaya budaya ini.

Dengan panduan lengkap ini, Anda akan mengetahui jarak tempuh, waktu tempuh, kondisi jalan, tempat peristirahatan, dan tips mengemudi yang akan membuat perjalanan Anda nyaman dan menyenangkan.

Advertisements

Jarak Bandung-Indramayu via Sumedang

Jarak bandung indramayu via sumedang

Jarak antara Bandung dan Indramayu melalui Sumedang berkisar sekitar 140-150 kilometer. Rute ini menjadi pilihan alternatif yang lebih nyaman dan efisien dibandingkan melalui jalur Pantura.

Advertisements

Jika ingin bepergian dari Bandung ke Indramayu, salah satu rute yang bisa ditempuh adalah melalui Sumedang. Jarak yang harus ditempuh sekitar 110 kilometer. Alternatif lain yang menarik adalah menggunakan kereta api dari Bandung ke Magelang, seperti yang diulas di bandung magelang kereta . Perjalanan ini menawarkan pemandangan indah sepanjang jalur kereta.

Setelah sampai di Magelang, perjalanan dilanjutkan menuju Indramayu.

Advertisements

Rute terpendek dan tercepat untuk menempuh jarak Bandung-Indramayu via Sumedang adalah melalui Jalan Raya Bandung-Sumedang dan Jalan Raya Sumedang-Indramayu.

Waktu Tempuh

Waktu tempuh dari Bandung ke Indramayu via Sumedang berkisar antara 3-4 jam, tergantung kondisi lalu lintas.

Advertisements

Setelah menempuh jarak sekitar 130 kilometer dari Bandung menuju Indramayu melalui Sumedang, Anda mungkin ingin meregangkan otot-otot yang lelah dengan berendam di kolam renang air hangat cimahi . Air hangat yang menenangkan dapat membantu memulihkan tenaga Anda. Setelah bersantai, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Indramayu, yang hanya berjarak sekitar 50 kilometer dari Cimahi.

Advertisements

Jarak Tempuh

Jarak tempuh dari Bandung ke Indramayu via Sumedang adalah sekitar 140-150 kilometer.

Cara Menuju Indramayu dari Bandung via Sumedang

Jarak bandung indramayu via sumedang

Advertisements

Bagi Anda yang ingin bepergian dari Bandung ke Indramayu, jalur via Sumedang bisa menjadi pilihan alternatif. Rute ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan akses jalan yang cukup baik. Berikut panduan lengkap untuk membantu Anda menempuh perjalanan ini dengan lancar.

Rute Perjalanan

Dari Bandung, Anda akan berkendara menuju Sumedang melalui Jalan Raya Bandung-Sumedang. Jarak tempuhnya sekitar 40 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Sesampainya di Sumedang, lanjutkan perjalanan ke arah barat menuju Indramayu melalui Jalan Raya Sumedang-Indramayu. Jarak tempuh dari Sumedang ke Indramayu sekitar 60 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Advertisements

Titik Referensi

  • Bandung: Jalan Asia Afrika
  • Sumedang: Alun-alun Sumedang
  • Indramayu: Alun-alun Indramayu

Catatan Tambahan

  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima sebelum memulai perjalanan.
  • Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan batas kecepatan yang berlaku.
  • Beristirahatlah jika merasa lelah untuk menghindari kecelakaan.
  • Nikmati pemandangan alam yang indah selama perjalanan.

Kondisi Jalan dan Lalu Lintas

Jarak bandung indramayu via sumedang

Rute Bandung-Indramayu via Sumedang memiliki kondisi jalan yang bervariasi, mulai dari jalan nasional yang lebar hingga jalan provinsi yang sempit dan berkelok.

Advertisements

Jarak antara Bandung dan Indramayu melalui Sumedang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3-4 jam. Perjalanan ini menawarkan pemandangan yang indah, melewati perbukitan hijau dan sawah yang membentang luas. Sambil menikmati perjalanan, alunan lagu “Bandung Bedas” dapat menemani Anda. Lagu yang bercerita tentang kerinduan seorang perantau akan kampung halamannya ini ( lirik bandung bedas ) mengiringi perjalanan Anda, menambah kesan nostalgia dan semangat untuk segera sampai di tujuan.

Sepanjang perjalanan, Anda akan melewati berbagai objek wisata yang menarik, seperti Situ Cileunca dan Jembatan Cincin. Dengan demikian, perjalanan Bandung-Indramayu via Sumedang bukan hanya sekadar perjalanan biasa, tetapi juga pengalaman yang berkesan.

Advertisements

Jalan nasional yang menghubungkan Bandung dan Sumedang umumnya dalam kondisi baik, dengan lebar jalan yang cukup dan permukaan jalan yang halus. Namun, memasuki wilayah Sumedang hingga Indramayu, kondisi jalan cenderung menyempit dan berkelok, terutama di daerah pegunungan.

Tanjakan dan Turunan

Rute Bandung-Indramayu via Sumedang melewati beberapa tanjakan dan turunan yang cukup curam, terutama di daerah pegunungan. Tanjakan yang paling terkenal adalah Tanjakan Emen di wilayah Sumedang, yang memiliki kemiringan mencapai 12%.

Advertisements

Area Rawan Macet

Area rawan macet di sepanjang rute Bandung-Indramayu via Sumedang biasanya terjadi di sekitar pasar tradisional dan persimpangan jalan utama. Kemacetan juga dapat terjadi saat akhir pekan atau musim liburan, terutama di daerah wisata seperti kawasan wisata Jatigede.

Tempat Peristirahatan dan SPBU

Jarak bandung indramayu via sumedang

Advertisements

Sepanjang perjalanan dari Bandung ke Indramayu via Sumedang, terdapat sejumlah tempat peristirahatan dan SPBU yang dapat dimanfaatkan oleh pengendara.

Berikut daftar tempat peristirahatan dan SPBU yang tersedia:

Advertisements

Tempat Peristirahatan

  • Rest Area KM 149 (Tol Cipularang)
  • Rest Area KM 164 (Tol Cipularang)
  • Rest Area KM 189 (Tol Cipularang)
  • Rest Area Cileunyi (Tol Cisumdawu)

SPBU

  • SPBU Pertamina KM 153 (Tol Cipularang)
  • SPBU Shell KM 168 (Tol Cipularang)
  • SPBU BP KM 180 (Tol Cipularang)
  • SPBU Vivo KM 195 (Tol Cipularang)

Tips Mengemudi: Jarak Bandung Indramayu Via Sumedang

Jarak bandung indramayu via sumedang

Mengemudi di sepanjang rute Bandung-Indramayu via Sumedang memerlukan persiapan dan perhatian ekstra. Berikut adalah beberapa tips bermanfaat untuk memastikan perjalanan yang aman dan efisien:

Advertisements

Jaga Jarak Aman

Menjaga jarak aman dari kendaraan di depan sangat penting untuk menghindari kecelakaan. Aturan umum adalah menjaga jarak setidaknya dua detik dari kendaraan di depan Anda. Ini memberi Anda waktu yang cukup untuk bereaksi terhadap kejadian tak terduga di jalan.

Patuhi Batas Kecepatan

Mematuhi batas kecepatan sangat penting untuk keselamatan Anda dan orang lain. Batas kecepatan di sepanjang rute Bandung-Indramayu bervariasi, jadi perhatikan rambu-rambu dan sesuaikan kecepatan Anda.

Advertisements

Perhatikan Kondisi Jalan, Jarak bandung indramayu via sumedang

Perhatikan kondisi jalan, terutama saat hujan atau malam hari. Jalan yang basah atau licin dapat memperpanjang jarak pengereman dan membuat manuver lebih sulit. Kurangi kecepatan Anda dan tingkatkan jarak aman saat kondisi jalan buruk.

Istirahat Saat Lelah

Mengemudi jarak jauh bisa melelahkan. Jika Anda merasa lelah, berhentilah di tempat yang aman dan beristirahatlah. Jangan memaksakan diri mengemudi saat Anda lelah, karena hal ini dapat membahayakan Anda dan orang lain.

Advertisements

Gunakan Lampu dengan Benar

Gunakan lampu depan dan belakang Anda dengan benar untuk meningkatkan visibilitas. Gunakan lampu depan saat senja atau malam hari, dan gunakan lampu belakang saat hujan atau berkabut.

Hindari Gangguan

Gangguan seperti ponsel, radio, atau makanan dapat mengalihkan perhatian Anda saat mengemudi. Hindari menggunakan ponsel atau mengirim SMS saat mengemudi, dan minimalkan gangguan lainnya untuk menjaga fokus Anda di jalan.

Advertisements

Periksa Kendaraan Anda

Sebelum memulai perjalanan, periksa kendaraan Anda untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Periksa tekanan ban, oli, dan lampu untuk memastikan kendaraan Anda aman untuk dikendarai.

Simpulan Akhir

Jarak bandung indramayu via sumedang

Advertisements

Menjelajahi jarak Bandung Indramayu via Sumedang bukan hanya sekadar perjalanan darat, tetapi juga sebuah petualangan yang mengesankan. Dengan persiapan yang matang dan informasi yang tepat, Anda dapat menikmati perjalanan yang aman, efisien, dan berkesan.

Advertisements

Tinggalkan komentar