Jurusan Di Um Malang

Advertisements

Jurusan di um malang – Bagi Anda yang sedang mencari universitas dengan pilihan jurusan yang beragam, Universitas Malang (UM) patut menjadi pertimbangan. UM menawarkan berbagai jurusan yang siap memenuhi kebutuhan dan minat Anda.

Dengan reputasi dan keunggulannya, UM telah menjadi destinasi pendidikan yang diidamkan banyak calon mahasiswa. Jurusan-jurusan di UM dirancang untuk membekali mahasiswa dengan ilmu dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja yang kompetitif.

Advertisements

Jurusan Tersedia di Universitas Malang

Universitas Malang (UM) menawarkan berbagai pilihan jurusan untuk jenjang sarjana (S1), magister (S2), dan doktor (S3). Jurusan-jurusan ini tersebar di berbagai fakultas dan menawarkan program studi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini.

Fakultas Kedokteran

  • Pendidikan Dokter
  • Pendidikan Dokter Gigi
  • Keperawatan
  • Farmasi

Fakultas Teknik

  • Teknik Elektro
  • Teknik Mesin
  • Teknik Sipil
  • Teknik Informatika
  • Arsitektur

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • Akuntansi
  • Manajemen
  • Ekonomi Pembangunan
  • Bisnis Internasional

Fakultas Pertanian

  • Agroteknologi
  • Peternakan
  • Kehutanan
  • Teknologi Pangan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  • Ilmu Politik
  • Sosiologi
  • Antropologi
  • Ilmu Komunikasi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi

Fakultas Psikologi

  • Psikologi

Fakultas Hukum

  • Ilmu Hukum

Fakultas Pendidikan

  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan IPA
  • Pendidikan IPS

Jurusan Populer di Universitas Malang

Jurusan di um malang

Advertisements

Universitas Malang (UM) menawarkan berbagai pilihan jurusan yang menarik bagi calon mahasiswa. Beberapa jurusan di UM terkenal karena popularitasnya, baik karena prospek karier yang menjanjikan maupun tren industri yang sedang berkembang.

Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran di UM merupakan salah satu yang paling diminati. Lulusan jurusan ini memiliki prospek karier yang luas, mulai dari dokter umum, dokter spesialis, hingga peneliti di bidang medis. Selain itu, kebutuhan akan tenaga medis yang berkualitas selalu tinggi, sehingga lulusan jurusan ini memiliki peluang kerja yang sangat baik.

Advertisements

Jurusan Hukum

Jurusan Hukum di UM juga tidak kalah populer. Lulusan jurusan ini dapat berkarier sebagai pengacara, hakim, jaksa, atau konsultan hukum. Perkembangan dunia hukum yang dinamis dan semakin kompleks membuat permintaan akan lulusan jurusan ini terus meningkat.

Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen di UM sangat diminati karena lulusannya memiliki keterampilan yang dibutuhkan di berbagai sektor industri. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai manajer, konsultan, atau wirausahawan. Selain itu, perkembangan teknologi dan globalisasi membuat lulusan jurusan manajemen semakin dibutuhkan.

Advertisements

Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi di UM juga menjadi salah satu jurusan yang populer. Lulusan jurusan ini dapat berkarier sebagai jurnalis, public relations, atau pembuat konten. Perkembangan pesat media dan teknologi informasi membuat lulusan jurusan ini memiliki peluang kerja yang luas.

Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika di UM sangat diminati karena perkembangan pesat teknologi informasi. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai programmer, analis sistem, atau konsultan IT. Permintaan akan tenaga ahli di bidang teknologi informasi terus meningkat, sehingga lulusan jurusan ini memiliki prospek karier yang cerah.

Advertisements

Bagi mahasiswa UM Malang, pemilihan jurusan yang tepat sangat krusial. Selain minat, biaya kuliah juga perlu dipertimbangkan. Nah, jika kamu berencana membeli laptop baru untuk menunjang studi, kamu bisa cek harga laptop HP Ryzen 5 yang cukup terjangkau. Dengan performa yang mumpuni, laptop ini bisa jadi pilihan tepat untuk menemani perjalanan akademikmu di UM Malang.

Advertisements

Keunggulan Jurusan di Universitas Malang

Jurusan di um malang

Universitas Malang (UM) dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang menawarkan berbagai jurusan dengan keunggulan yang mumpuni. Keunggulan ini menjadi nilai tambah yang dapat memberikan mahasiswa pengalaman belajar yang berkualitas.

Advertisements

Fasilitas Pendukung

UM memiliki fasilitas penunjang akademik yang lengkap dan modern, seperti perpustakaan dengan koleksi buku dan jurnal yang melimpah, laboratorium dengan peralatan canggih, serta ruang kelas yang nyaman. Fasilitas ini mendukung mahasiswa dalam proses pembelajaran dan pengembangan keterampilan.

Kurikulum yang Relevan

Kurikulum jurusan di UM dirancang secara komprehensif dan relevan dengan perkembangan dunia kerja. Kurikulum ini terus diperbarui untuk memastikan mahasiswa mendapatkan ilmu dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, mahasiswa juga dibekali dengan keterampilan lunak seperti komunikasi, kepemimpinan, dan kerja sama tim.

Advertisements

Kualitas Pengajar

UM memiliki tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman. Pengajar tersebut merupakan lulusan dari universitas terkemuka dalam dan luar negeri, serta memiliki reputasi yang baik di bidang keilmuannya. Kualitas pengajar ini menjamin mahasiswa mendapatkan pengajaran yang berkualitas dan mendalam.

Reputasi dan Akreditasi

Jurusan-jurusan di UM telah terakreditasi oleh lembaga akreditasi nasional dan internasional. Akreditasi ini merupakan bukti bahwa jurusan tersebut memenuhi standar kualitas tertentu. Reputasi UM yang baik juga menjadi daya tarik bagi mahasiswa dan dunia kerja, sehingga lulusan UM memiliki peluang kerja yang luas.

Advertisements

Kerja Sama dengan Dunia Usaha dan Industri

UM menjalin kerja sama yang erat dengan dunia usaha dan industri. Kerja sama ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk melakukan praktik kerja, magang, dan penelitian di perusahaan-perusahaan terkemuka. Melalui kerja sama ini, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman langsung di dunia kerja dan memperluas jaringan profesional mereka.

Dukungan Beasiswa

UM menyediakan berbagai program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu. Beasiswa ini dapat meringankan biaya pendidikan mahasiswa dan memotivasi mereka untuk terus berprestasi.

Advertisements

Komunitas Akademik yang Kondusif

UM memiliki komunitas akademik yang kondusif untuk belajar dan pengembangan diri. Mahasiswa dapat bergabung dengan berbagai organisasi kemahasiswaan, mengikuti seminar dan diskusi ilmiah, serta terlibat dalam kegiatan penelitian. Komunitas ini mendukung mahasiswa dalam mengembangkan potensi mereka secara optimal.

Prospek Karier Lulusan Universitas Malang: Jurusan Di Um Malang

Sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia, Universitas Malang menawarkan berbagai jurusan yang menjanjikan prospek karier yang cerah bagi para lulusannya. Peluang kerja yang luas dan gaji yang kompetitif menjadi daya tarik utama bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Malang.

Advertisements

Peluang Karier Berdasarkan Jurusan

Prospek karier bagi lulusan Universitas Malang sangat bervariasi tergantung pada jurusan yang diambil. Beberapa jurusan yang memiliki prospek karier yang sangat baik di antaranya:

  • Kedokteran:Lulusan kedokteran dari Universitas Malang memiliki peluang karier yang luas di berbagai bidang, seperti rumah sakit, klinik, dan pusat penelitian.
  • Teknik Informatika:Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, lulusan teknik informatika sangat dibutuhkan di berbagai industri, seperti pengembangan perangkat lunak, sistem informasi, dan keamanan siber.
  • Akuntansi:Lulusan akuntansi memiliki prospek karier yang cerah di bidang keuangan, perbankan, dan auditing.
  • Manajemen:Lulusan manajemen memiliki peluang karier yang luas di berbagai bidang, seperti bisnis, pemasaran, dan sumber daya manusia.
  • Ilmu Komunikasi:Lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja di berbagai bidang, seperti jurnalisme, public relations, dan pemasaran.

Selain jurusan-jurusan tersebut, masih banyak jurusan lain di Universitas Malang yang juga memiliki prospek karier yang baik, seperti hukum, farmasi, psikologi, dan ilmu politik.

Advertisements

Bagi calon mahasiswa yang mencari jurusan dengan prospek masa depan cerah, Universitas Brawijaya Malang (UM) menawarkan pilihan yang beragam. Nah, tahukah kamu ada 7 jurusan kuliah yang menjanjikan masa depan? Seperti yang disebutkan dalam artikel 7 jurusan kuliah yang menjanjikan masa depan , jurusan-jurusan tersebut meliputi Teknologi Informasi, Bisnis Digital, Ilmu Data, Energi Terbarukan, Kedokteran, dan Teknik Biomedis.

Kembali ke UM, jurusan-jurusan ini juga tersedia dan siap membekali mahasiswa dengan keterampilan yang dibutuhkan di era industri 4.0.

Advertisements

Data Tingkat Penyerapan Kerja dan Peluang Gaji

Tingkat penyerapan kerja bagi lulusan Universitas Malang sangat tinggi. Berdasarkan data dari Pusat Karir Universitas Malang, lebih dari 90% lulusan berhasil mendapatkan pekerjaan dalam waktu kurang dari enam bulan setelah lulus.

Peluang gaji bagi lulusan Universitas Malang juga sangat kompetitif. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), gaji rata-rata lulusan Universitas Malang lebih tinggi dibandingkan dengan gaji rata-rata lulusan universitas lain di Indonesia.

Advertisements

Bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan dunia perguruan tinggi, Universitas Malang (UM) menawarkan beragam pilihan jurusan yang bisa dipertimbangkan. Dari bidang kesehatan, teknik, hingga sosial humaniora, UM memiliki jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. Namun, sebelum memutuskan jurusan, tak ada salahnya juga untuk mengecek lenovo ideapad gaming 3 harga yang mungkin menjadi pilihan tepat bagi para gamers.

Setelah mempertimbangkan segala aspek, pilihan jurusan di UM Malang akan semakin mantap dan sesuai dengan tujuan karier masa depan.

Advertisements

Biaya Pendidikan di Universitas Malang

Jurusan di um malang

Biaya pendidikan di Universitas Malang bervariasi tergantung pada jurusan yang dipilih. Biaya kuliah mencakup biaya semester, pendaftaran, dan biaya lainnya yang relevan. Berikut adalah perincian biaya pendidikan untuk setiap jurusan di Universitas Malang:

Advertisements

Tabel Biaya Pendidikan

Jurusan Biaya Semester Biaya Pendaftaran Biaya Lainnya
Kedokteran Rp 20.000.000 Rp 5.000.000 Rp 10.000.000
Teknik Informatika Rp 15.000.000 Rp 3.000.000 Rp 5.000.000
Hukum Rp 12.000.000 Rp 2.000.000 Rp 3.000.000
Ekonomi Rp 10.000.000 Rp 1.000.000 Rp 2.000.000
Sastra Rp 8.000.000 Rp 500.000 Rp 1.000.000

Selain biaya kuliah, mahasiswa juga perlu memperhitungkan biaya hidup di Malang. Biaya hidup mencakup biaya sewa tempat tinggal, makan, transportasi, dan biaya lainnya. Biaya hidup di Malang relatif terjangkau dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Cara Mendaftar di Universitas Malang

Jurusan di um malang

Advertisements

Mendaftar di Universitas Malang (UM) merupakan langkah penting untuk memulai perjalanan akademis. Proses pendaftarannya relatif mudah dan dapat dilakukan secara online. Berikut langkah-langkahnya:

Persyaratan Pendaftaran

  • Lulusan SMA/sederajat dengan nilai rata-rata minimal 7,00
  • Memiliki sertifikat kelulusan
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Akta Kelahiran
  • Pas foto terbaru ukuran 3×4 cm

Proses Seleksi

Setelah melengkapi persyaratan pendaftaran, calon mahasiswa akan melalui proses seleksi. Seleksi dilakukan melalui jalur:

Advertisements
  • Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
  • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
  • Seleksi Mandiri Universitas Malang (UM)

Tenggat Waktu Pendaftaran

Tenggat waktu pendaftaran bervariasi tergantung jalur seleksi yang dipilih. Umumnya, pendaftaran dibuka pada bulan Januari-Maret untuk SNMPTN, Mei-Juni untuk SBMPTN, dan Juni-Juli untuk Seleksi Mandiri UM.

Beasiswa dan Bantuan Keuangan di Universitas Malang

Jurusan di um malang

Advertisements

Universitas Malang menawarkan beragam beasiswa dan bantuan keuangan untuk membantu mahasiswa meraih pendidikan tinggi yang berkualitas.

Jenis beasiswa dan bantuan keuangan yang tersedia meliputi:

Advertisements

Beasiswa Berbasis Prestasi

  • Beasiswa Rektor
  • Beasiswa Prestasi Akademik
  • Beasiswa Prestasi Olahraga
  • Beasiswa Prestasi Seni

Beasiswa Berbasis Kebutuhan

  • Beasiswa Bidikmisi
  • Beasiswa KIP-Kuliah
  • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa dari Mitra

Universitas Malang menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk perusahaan dan lembaga, untuk menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan membutuhkan.

Prosedur Pengajuan Beasiswa

Mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa dapat mengikuti prosedur berikut:

Advertisements
  • Memenuhi persyaratan beasiswa yang dipilih.
  • Mengumpulkan dokumen pendukung yang diperlukan.
  • Mengajukan beasiswa melalui sistem online atau ke bagian kemahasiswaan.
  • Menunggu pengumuman hasil seleksi.

Catatan Penting

Informasi tentang beasiswa dan bantuan keuangan dapat berubah sewaktu-waktu. Mahasiswa disarankan untuk selalu memantau informasi terbaru dari bagian kemahasiswaan atau website resmi Universitas Malang.

Kehidupan Kampus di Universitas Malang

Kehidupan kampus di Universitas Malang menawarkan pengalaman yang kaya dan dinamis bagi para mahasiswa. Dengan fasilitas kelas dunia, kegiatan ekstrakurikuler yang beragam, dan lingkungan sosial yang inklusif, mahasiswa akan berkembang baik secara akademis maupun pribadi.

Advertisements

Universitas ini memiliki kampus yang luas dengan fasilitas lengkap, termasuk perpustakaan modern, laboratorium canggih, dan pusat kebugaran. Mahasiswa juga dapat memanfaatkan berbagai fasilitas olahraga, seperti lapangan tenis, lapangan basket, dan kolam renang.

Kegiatan Mahasiswa

Selain akademisi, Universitas Malang mendorong mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler. Terdapat lebih dari 100 organisasi mahasiswa yang mencakup berbagai minat, seperti seni, olahraga, dan kegiatan sosial.

Advertisements
  • Pers Mahasiswa (MAPAKUM)
  • Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Tari (Taruna Dharma)
  • Klub Olahraga Basket (UM Basketball)
  • Komunitas Pecinta Alam (Mapala UM)

Lingkungan Sosial

Universitas Malang memiliki lingkungan sosial yang hangat dan bersahabat. Mahasiswa berasal dari berbagai latar belakang dan budaya, menciptakan suasana yang beragam dan inklusif.

Kampus ini juga menyelenggarakan berbagai acara sosial sepanjang tahun, seperti pentas seni, festival budaya, dan kegiatan olahraga. Acara-acara ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi, menjalin pertemanan, dan mengembangkan keterampilan sosial mereka.

Advertisements

Dengan fasilitas yang lengkap, kegiatan ekstrakurikuler yang beragam, dan lingkungan sosial yang inklusif, kehidupan kampus di Universitas Malang memberikan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa untuk tumbuh dan berkembang sebagai individu yang berpengetahuan luas dan berwawasan luas.

Prestasi dan Penghargaan Universitas Malang

Universitas Malang (UM) telah meraih berbagai prestasi dan penghargaan yang mencerminkan kualitas dan reputasinya di bidang pendidikan tinggi. Pencapaian ini menjadi bukti komitmen UM dalam memberikan pendidikan yang unggul dan berkontribusi pada kemajuan masyarakat.

Advertisements

Berikut beberapa prestasi dan penghargaan yang diraih oleh Universitas Malang:

Peringkat Nasional dan Internasional

  • Peringkat 10 besar perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia versi Webometrics (2023)
  • Peringkat 501-600 perguruan tinggi terbaik di Asia versi QS World University Rankings (2023)
  • Peringkat 1001-1200 perguruan tinggi terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) World University Rankings (2023)

Akreditasi dan Sertifikasi

  • Akreditasi institusi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)
  • Akreditasi internasional dari Accreditation Service for International Schools, Colleges, and Universities (ASIC)
  • Sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen Mutu

Penghargaan dan Pengakuan, Jurusan di um malang

  • Penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek)
  • Penghargaan Indonesia Green Awards dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)
  • Penghargaan Kampus Merdeka Award dari Kemendikbudristek

Penutup

Jurusan di um malang

Advertisements

UM tidak hanya unggul dalam kualitas pendidikannya, tetapi juga dalam kehidupan kampusnya yang dinamis dan inklusif. Dengan bergabung di UM, Anda tidak hanya akan memperoleh ilmu, tetapi juga pengalaman berharga yang akan membentuk masa depan Anda.

Advertisements

Tinggalkan komentar