Lembang Floating Market

Advertisements

Di kaki Gunung Tangkuban Parahu, berdiri Lembang Floating Market, pasar terapung yang menyuguhkan pesona unik. Konsep pasar tradisional berpadu harmonis dengan suasana danau, menciptakan pengalaman berbelanja dan kuliner yang tak terlupakan.

Beragam atraksi dan aktivitas menanti pengunjung di pasar terapung ini. Dari berbelanja kerajinan tangan lokal, mencicipi hidangan khas Sunda, hingga berkeliling danau dengan perahu, Lembang Floating Market menawarkan pengalaman wisata yang lengkap dan mengesankan.

Advertisements

Deskripsi Lembang Floating Market

Lembang floating market

Terletak di Lembang, Bandung, Lembang Floating Market merupakan pasar terapung yang unik dan menjadi destinasi wisata populer. Konsepnya terinspirasi dari pasar terapung di Thailand, di mana pengunjung dapat berbelanja dan menikmati makanan dari perahu-perahu yang berjajar di atas danau.

Advertisements

Sejarah Lembang Floating Market dimulai pada tahun 2012. Awalnya, pasar ini hanya terdiri dari beberapa perahu yang menjual makanan dan minuman. Namun, seiring berjalannya waktu, pasar ini berkembang pesat dan kini menjadi salah satu destinasi wisata utama di Lembang.

Keunikan Lembang Floating Market

  • Konsep pasar terapung:Pengunjung dapat berbelanja dan menikmati makanan dari perahu-perahu yang berjajar di atas danau, memberikan pengalaman berbelanja yang unik dan berbeda.
  • Suasana asri:Lembang Floating Market terletak di tengah kawasan pegunungan yang asri, dengan udara sejuk dan pemandangan alam yang indah.
  • Variasi kuliner:Pasar ini menawarkan berbagai macam kuliner, mulai dari makanan tradisional Indonesia hingga makanan internasional, yang dapat dinikmati sambil menikmati pemandangan danau.
  • Spot foto menarik:Lembang Floating Market memiliki banyak spot foto yang menarik, seperti jembatan kayu yang membentang di atas danau dan perahu-perahu yang berwarna-warni.

Tips Berkunjung ke Lembang Floating Market

  • Datanglah pagi-pagi:Untuk menghindari keramaian, disarankan untuk datang ke Lembang Floating Market pada pagi hari.
  • Bawa uang tunai:Sebagian besar pedagang di pasar ini hanya menerima pembayaran tunai.
  • Siapkan kamera:Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah di Lembang Floating Market.
  • Berhati-hati:Selalu berhati-hati saat berada di sekitar danau, terutama jika membawa anak-anak.

Atraksi dan Aktivitas

Lembang floating market

Advertisements

Lembang Floating Market menawarkan berbagai atraksi dan aktivitas seru yang menanti pengunjung. Dari berbelanja suvenir unik hingga mencicipi kuliner lezat, pasar terapung ini menyediakan pengalaman yang tak terlupakan.

Pengunjung dapat berbelanja berbagai macam barang di kios-kios yang berjajar di sepanjang kanal. Tersedia beragam produk, mulai dari kerajinan tangan tradisional hingga oleh-oleh modern.

Advertisements

Berbelanja

  • Kerajinan tangan tradisional, seperti batik, keramik, dan anyaman
  • Oleh-oleh modern, seperti kaus, mug, dan aksesori
  • Produk makanan dan minuman khas Bandung

Selain berbelanja, pengunjung juga dapat memanjakan lidah dengan aneka kuliner lezat yang disajikan di warung-warung makan di pasar terapung. Tersedia berbagai hidangan, mulai dari makanan ringan hingga hidangan berat.

Kuliner

  • Makanan ringan, seperti cireng, batagor, dan cilok
  • Hidangan berat, seperti nasi goreng, mie ayam, dan sop iga
  • Minuman segar, seperti es kelapa muda, es teh, dan kopi

Bagi yang ingin menikmati suasana pasar terapung dari sudut pandang yang berbeda, tersedia juga perahu yang dapat disewa untuk menyusuri kanal. Pengunjung dapat menikmati pemandangan pasar yang unik sambil bersantai di atas air.

Advertisements

Selain Lembang Floating Market, destinasi menarik lainnya di kawasan Lembang adalah bandung indah waterpark . Waterpark ini menawarkan berbagai wahana air yang seru dan cocok untuk segala usia. Setelah puas bermain air, Anda bisa kembali ke Lembang Floating Market untuk menikmati suasana pasar apung yang unik sambil berburu kuliner lezat khas Bandung.

Advertisements

Naik Perahu

  • Menyusuri kanal sambil menikmati pemandangan pasar terapung
  • Mengambil foto atau video dari perspektif yang berbeda
  • Berinteraksi dengan pedagang dan pengunjung lain

Kuliner Khas

Lembang Floating Market menjadi destinasi kuliner yang menggugah selera dengan beragam hidangan khas yang menggoda. Berbagai sajian lezat ini memanjakan lidah pengunjung, menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Hidangan khas yang disajikan di pasar terapung ini mencerminkan kekayaan kuliner Bandung dan Jawa Barat. Dari makanan ringan hingga hidangan utama, setiap sajian dibuat dengan bahan-bahan segar dan diolah dengan teknik tradisional yang menggugah selera.

Advertisements

Sajian Khas, Lembang floating market

  • Sate Kelinci:Sate yang terbuat dari daging kelinci yang empuk, dibumbui dengan bumbu rempah khas, dan disajikan dengan saus kacang yang gurih.
  • Soto Bandung:Sup berkuah bening dengan isian daging sapi, lobak, dan tomat, disajikan dengan nasi dan kerupuk.
  • Mie Kocok:Mie kuning dengan kuah kaldu sapi yang kaya rasa, disajikan dengan kikil, tauge, dan bawang goreng.
  • Batagor:Bakso tahu goreng yang diisi dengan tahu, sayuran, dan daging cincang, disajikan dengan saus kacang.
  • Seblak:Makanan ringan berbahan dasar kerupuk yang dimasak dengan bumbu pedas dan gurih, disajikan dengan isian seperti telur, makaroni, dan sayuran.

Belanja dan Souvenir

Lembang Floating Market menjadi surga belanja bagi pengunjung yang mencari beragam barang unik dan khas. Pasar ini menawarkan berbagai macam produk, mulai dari kerajinan tangan tradisional hingga suvenir modern.

Salah satu daya tarik utama pasar terapung ini adalah koleksi suvenirnya yang unik. Pengunjung dapat menemukan kerajinan tangan seperti anyaman bambu, ukiran kayu, dan kain batik dengan motif khas Jawa Barat. Selain itu, pasar ini juga menjual beragam aksesori seperti kalung, gelang, dan anting-anting yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti kayu, batu, dan kulit.

Advertisements

Kuliner Khas

Selain suvenir, Lembang Floating Market juga terkenal dengan kuliner khasnya. Pengunjung dapat mencicipi berbagai makanan dan minuman tradisional, seperti surabi, bandrek, dan bajigur. Tersedia pula berbagai jenis makanan ringan, seperti keripik, opak, dan rengginang.

Lembang Floating Market menawarkan pengalaman unik dengan wisata belanja dan kuliner di atas danau. Bagi wisatawan yang ingin menginap di sekitar area ini, tersedia banyak villa murah bandung yang nyaman dan terjangkau. Villa-villa ini menyediakan fasilitas lengkap dan akses mudah ke Lembang Floating Market.

Advertisements

Setelah menikmati suasana pasar terapung, wisatawan dapat kembali bersantai di villa yang nyaman sambil menikmati keindahan alam Lembang.

Tips Mengunjungi

Lembang row

Advertisements

Untuk pengalaman terbaik di Pasar Terapung Lembang, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

Pertama, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari saat pasar baru buka. Pada saat ini, suasana masih sepi dan nyaman untuk berkeliling.

Advertisements

Setelah berwisata ke Lembang Floating Market yang menyuguhkan beragam kuliner lezat, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi toko batik di bandung yang menawarkan koleksi batik yang indah. Dari batik tulis tradisional hingga batik modern yang trendi, Anda dapat menemukan berbagai pilihan batik untuk melengkapi koleksi Anda.

Kembali ke Lembang Floating Market, nikmati keindahan arsitektur bangunannya yang khas sambil bersantai dan menikmati suasana yang menenangkan.

Advertisements

Cara Bernavigasi

Pasar Terapung Lembang memiliki area yang cukup luas. Untuk bernavigasi dengan mudah, ikuti jalur yang sudah ditentukan dan patuhi rambu-rambu yang ada.

Anda dapat berjalan kaki atau menyewa perahu untuk mengelilingi pasar. Jika memilih berjalan kaki, pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman.

Advertisements

Transportasi dan Parkir

Pasar Terapung Lembang terletak di Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum untuk mencapainya.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, tersedia area parkir yang cukup luas di sekitar pasar. Namun, pada akhir pekan dan hari libur, area parkir dapat penuh. Sebaiknya datang lebih awal untuk mendapatkan tempat parkir yang lebih baik.

Advertisements

Dampak Ekonomi dan Sosial

Lembang danau tepi keindahan wahana inilah terapung pasar keluarga menarik paling barat perahu kawasan memang pemandangan

Lembang Floating Market telah menjadi pendorong ekonomi yang signifikan bagi wilayah Lembang dan sekitarnya. Dampak positifnya meliputi peningkatan lapangan kerja, peningkatan pendapatan, dan pelestarian budaya lokal.

Advertisements

Dampak Ekonomi

  • Menciptakan lapangan kerja baru di bidang pariwisata, perdagangan, dan jasa.
  • Meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar melalui penjualan produk dan jasa.
  • Menarik investasi dan pembangunan infrastruktur di wilayah Lembang.

Dampak Sosial

  • Melestarikan budaya lokal dengan menyediakan wadah bagi pengrajin dan pedagang untuk memamerkan dan menjual produk tradisional mereka.
  • Meningkatkan interaksi sosial antara masyarakat lokal dan wisatawan.
  • Memfasilitasi pertukaran budaya dan pemahaman antar masyarakat dari latar belakang yang berbeda.

Rancang Rute Perjalanan

Bandung lembang aman berwisata panduan

Untuk pengalaman optimal di Lembang Floating Market, perencanaan perjalanan yang cermat sangat penting. Dengan beragam atraksi dan kegiatan yang ditawarkan, susunlah rencana perjalanan yang mencakup kunjungan ke pasar terapung dan destinasi menarik lainnya di sekitarnya.

Advertisements

Perkiraan Waktu dan Biaya

Luangkan waktu sekitar 3-4 jam untuk menjelajahi pasar terapung, termasuk berbelanja dan mencicipi kuliner. Perkirakan biaya sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000 per orang, tergantung pada pengeluaran Anda untuk makanan dan oleh-oleh.

Atraksi Terdekat

  • The Lodge Maribaya: Nikmati pemandangan alam yang indah dengan berbagai aktivitas luar ruangan, seperti ayunan ekstrem dan trekking.
  • Grafika Cikole: Jelajahi hutan pinus yang rimbun, lengkap dengan area berkemah dan wahana petualangan.
  • Floating Castle Lembang: Kunjungi kastil terapung yang unik dan jelajahi arsitekturnya yang menawan.
  • Kebun Begonia Lembang: Kagumi koleksi begonia yang beragam dan nikmati suasana taman yang tenang.

Ilustrasi dan Visual

Pasar Terapung Lembang memanjakan pengunjung dengan suasana khas dan aktivitas yang menarik. Berbagai foto dan ilustrasi menggambarkan keunikan dan keindahan tempat ini.

Advertisements

Aktivitas di Pasar

  • Pengunjung dapat menyaksikan aktivitas perdagangan yang unik, di mana para pedagang menjajakan dagangannya dari atas perahu yang berjejer di kanal.
  • Beragam perahu warna-warni menciptakan pemandangan yang semarak dan memikat mata.
  • Selain itu, pasar ini juga menawarkan pertunjukan musik dan budaya yang menambah semarak suasana.

Suasana yang Menenangkan

  • Suasana pasar yang tenang dan damai menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung dapat bersantai di tepi kanal sambil menikmati pemandangan sekitar.
  • Burung-burung yang berkicau dan angin sepoi-sepoi menambah suasana yang menenangkan.

Kutipan Pengunjung

“Saya sangat menikmati pengalaman berbelanja di pasar terapung ini. Suasananya sangat unik dan damai.”

Sarah, Pengunjung

Advertisements

Penutup: Lembang Floating Market

Lembang lakes

Sebagai destinasi wisata yang memadukan keindahan alam, budaya lokal, dan kuliner lezat, Lembang Floating Market telah menjadi daya tarik tersendiri di Bandung. Pasar terapung ini tidak hanya menawarkan pengalaman belanja yang unik, tetapi juga menjadi wadah pelestarian budaya dan pendorong perekonomian lokal.

Advertisements
Advertisements

Tinggalkan komentar