Orchid Lembang

Advertisements

Orchid lembang – Di kaki Gunung Tangkuban Perahu, Orchid Forest Cikole menjadi surga bagi para pecinta anggrek. Taman seluas 12 hektar ini menyuguhkan pesona anggrek yang beragam, fasilitas lengkap, dan pengalaman tak terlupakan.

Beragam jenis anggrek, mulai dari anggrek bulan hingga anggrek hitam, bermekaran dengan indah di Orchid Forest Cikole. Suasana asri dan sejuknya udara pegunungan menambah kenyamanan pengunjung saat menikmati keindahan anggrek.

Advertisements

Orchid Lembang

Orchid lembang

Orchid Forest Cikole Lembang merupakan destinasi wisata alam yang menyuguhkan keindahan anggrek yang mempesona. Taman anggrek ini terletak di kaki Gunung Tangkuban Perahu, dikelilingi oleh hutan pinus yang asri, menciptakan suasana yang sejuk dan menenangkan.

Advertisements

Jenis-jenis Anggrek

Orchid Forest Cikole memiliki koleksi lebih dari 15.000 tanaman anggrek yang terdiri dari berbagai jenis, antara lain:

  • Anggrek Bulan (Phalaenopsis)
  • Anggrek Dendrobium
  • Anggrek Cattleya
  • Anggrek Vanda
  • Anggrek Grammatophyllum

Fasilitas dan Atraksi

Selain koleksi anggrek yang beragam, Orchid Forest Cikole juga menawarkan berbagai fasilitas dan atraksi yang menarik, seperti:

Advertisements
  • Gardu pandang yang menyuguhkan pemandangan indah Lembang
  • Jembatan gantung yang menghubungkan area taman yang berbeda
  • Area piknik dan tempat duduk untuk bersantai
  • Toko suvenir yang menjual berbagai produk bertema anggrek

Tips Mengunjungi Orchid Lembang

Sebelum menjelajahi keindahan Orchid Forest Cikole, berikut beberapa tips yang dapat membantu merencanakan kunjungan yang tak terlupakan.

Waktu Terbaik Berkunjung

Orchid Forest Cikole buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi hari atau sore hari saat matahari tidak terlalu terik.

Advertisements

Pembelian Tiket

Tiket masuk Orchid Forest Cikole dapat dibeli secara online atau langsung di lokasi. Tiket online dapat dibeli melalui situs web resmi Orchid Forest Cikole atau platform tiket online lainnya.

Berkeliling Taman

Orchid Forest Cikole memiliki area yang luas. Untuk mengelilingi taman dengan nyaman, tersedia beberapa pilihan seperti berjalan kaki, naik kereta wisata, atau menggunakan jasa pemandu wisata.

Advertisements

Atraksi yang Dapat Dinikmati

  • Koleksi Anggrek: Taman ini menampung lebih dari 20.000 tanaman anggrek dari berbagai spesies dan varietas.
  • Rumah Kupu-kupu: Rumah kupu-kupu menjadi rumah bagi ratusan kupu-kupu cantik yang beterbangan dengan bebas.
  • Taman Kelinci: Pengunjung dapat berinteraksi dengan kelinci yang lucu dan menggemaskan di taman ini.
  • Air Terjun: Air terjun buatan menambah keindahan taman dan menciptakan suasana yang menenangkan.

Daya Tarik Utama Orchid Lembang

Lembang

Orchid Forest Cikole merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjungnya. Daya tarik utama yang menjadi unggulan di tempat ini adalah:

Advertisements

Taman Anggrek

Orchid Forest Cikole memiliki taman anggrek yang sangat luas dan beragam. Pengunjung dapat menyaksikan lebih dari 157 jenis anggrek yang ditata apik dalam berbagai bentuk dan ukuran. Taman ini menjadi surga bagi pecinta bunga dan fotografer yang ingin mengabadikan keindahan anggrek.

Jembatan Gantung, Orchid lembang

Di tengah-tengah taman anggrek, terdapat jembatan gantung sepanjang 125 meter yang menghubungkan dua sisi lembah. Pengunjung dapat menikmati pemandangan hutan pinus yang rimbun dan hamparan anggrek dari ketinggian. Jembatan ini juga menjadi spot foto yang ikonik bagi wisatawan.

Advertisements

Area Foto

Orchid Forest Cikole menyediakan berbagai area foto yang estetik dan menarik. Pengunjung dapat berpose di antara bunga-bunga anggrek yang bermekaran, atau di depan latar belakang hutan pinus yang menawan. Area foto ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momen liburan mereka.

Berkunjung ke Orchid Forest Cikole Lembang, tak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner lezat di sekitarnya. Nara Cafe Bandung bisa menjadi pilihan tepat. Suasananya yang nyaman dan menu yang beragam akan memanjakan lidah Anda. Setelah menikmati hidangan lezat di Nara Cafe, kembali lagi ke Orchid Forest Cikole untuk menikmati keindahan anggrek yang memukau.

Advertisements

Berbagai jenis anggrek yang dibudidayakan di sini akan membuat Anda takjub akan keanekaragaman alam Indonesia.

Fasilitas dan Layanan di Orchid Lembang

Orchid lembang

Advertisements

Orchid Forest Cikole menawarkan berbagai fasilitas dan layanan untuk kenyamanan pengunjung. Mulai dari pilihan kuliner yang menggugah selera hingga fasilitas penunjang yang lengkap, destinasi wisata ini siap memanjakan setiap kebutuhan Anda.

Kuliner dan Area Makan

Pengunjung dapat menikmati beragam pilihan kuliner di Orchid Forest Cikole. Tersedia restoran yang menyajikan menu masakan Indonesia dan internasional, serta kafe yang menawarkan minuman segar dan makanan ringan. Area makan yang tersedia meliputi:

Advertisements
  • Restoran dengan suasana nyaman dan pemandangan alam yang indah
  • Kafe outdoor yang cocok untuk bersantai sambil menikmati udara segar
  • Area piknik yang dilengkapi dengan meja dan bangku

Fasilitas Lain

Selain kuliner, Orchid Forest Cikole juga menyediakan fasilitas lain yang menunjang kenyamanan pengunjung, seperti:

  • Toko suvenir yang menjual berbagai cinderamata dan oleh-oleh khas Lembang
  • Toilet yang bersih dan terawat
  • Tempat parkir yang luas dan aman
  • Musala untuk pengunjung yang ingin beribadah
  • Pusat informasi yang memberikan informasi lengkap tentang Orchid Forest Cikole

Akomodasi dan Transportasi Dekat Orchid Lembang

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan Orchid Forest Cikole lebih lama, tersedia beberapa pilihan akomodasi di dekat area wisata. Mulai dari hotel berbintang hingga penginapan sederhana, terdapat beragam pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran.

Advertisements

Untuk mencapai Orchid Forest Cikole, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau transportasi umum. Jarak dari pusat kota Bandung ke Orchid Forest Cikole sekitar 18 kilometer, dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Pilihan Akomodasi

  • The Green Forest Resort: Hotel berbintang dengan fasilitas lengkap, termasuk kolam renang dan restoran.
  • Grafika Cikole: Penginapan bernuansa alam dengan cottage-cottage yang nyaman.
  • Wisata Alam Cimahi: Pilihan akomodasi yang terjangkau dengan suasana pedesaan.

Transportasi

Selain kendaraan pribadi, pengunjung dapat menggunakan taksi dari pusat kota Bandung dengan tarif sekitar Rp150.000-Rp200.000. Pilihan lain adalah menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api, kemudian dilanjutkan dengan taksi atau ojek dari stasiun terdekat.

Advertisements

Menjelajahi pesona Orchid Forest Cikole Lembang tak hanya menyuguhkan keelokan bunga anggrek, tetapi juga akses mudah ke berbagai destinasi wisata air di Bandung. Dengan berkendara singkat, Anda dapat memanjakan diri di berbagai wahana air seru seperti wisata air di bandung yang menawarkan pengalaman tak terlupakan.

Kembali ke Orchid Forest, pastikan untuk menikmati suasana asri dan keanggunan bunga anggrek yang akan melengkapi petualangan Anda di kawasan Lembang.

Advertisements

Rute dan Lokasi Orchid Lembang

Orchid Forest Cikole terletak di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk menuju ke sana, kamu bisa mengikuti rute berikut:

Dari Bandung

  • Dari pusat kota Bandung, ambil Jalan Setiabudi ke arah utara.
  • Belok kanan di persimpangan Ledeng ke Jalan Sersan Bajuri.
  • Ikuti Jalan Sersan Bajuri hingga pertigaan Parongpong.
  • Belok kiri ke Jalan Raya Parongpong.
  • Ikuti Jalan Raya Parongpong hingga persimpangan Cikole.
  • Belok kanan ke Jalan Tangkuban Perahu.
  • Orchid Forest Cikole berada di sebelah kiri jalan.

Dari Jakarta

  • Ambil jalan tol Jakarta-Cikampek.
  • Keluar di gerbang tol Padalarang.
  • Ikuti Jalan Raya Padalarang hingga persimpangan Cimareme.
  • Belok kiri ke Jalan Raya Cimareme.
  • Ikuti Jalan Raya Cimareme hingga persimpangan Cikole.
  • Belok kanan ke Jalan Tangkuban Perahu.
  • Orchid Forest Cikole berada di sebelah kiri jalan.

Dari Kota Lain

Jika kamu berangkat dari kota lain, kamu bisa menggunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze untuk mendapatkan petunjuk arah yang lebih detail.

Advertisements

Jarak dan Waktu Tempuh

Jarak dari pusat kota Bandung ke Orchid Forest Cikole sekitar 15 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 30-45 menit. Sedangkan jarak dari Jakarta ke Orchid Forest Cikole sekitar 120 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.

Orchid Lembang, bunga anggrek cantik khas Lembang, tak hanya memikat wisatawan dengan pesonanya. Kawasan wisata ini juga berdekatan dengan Congo Bandung , destinasi unik yang menyuguhkan panorama kota dari ketinggian. Setelah menikmati keindahan Congo Bandung, jangan lupa mampir kembali ke Orchid Lembang untuk mengagumi koleksi anggrek yang beragam, mulai dari yang langka hingga yang memukau dengan warnanya yang indah.

Advertisements

Sejarah dan Latar Belakang Orchid Lembang

Orchid Forest Cikole merupakan taman anggrek yang didirikan pada tahun 2017 dengan visi menciptakan destinasi wisata berbasis konservasi dan edukasi anggrek.

Advertisements

Taman ini berperan penting dalam pelestarian anggrek langka dan endemik, serta mempromosikan pariwisata di wilayah Lembang.

Penghargaan dan Pengakuan

  • Mendapat penghargaan dari Kementerian Pariwisata sebagai “Destinasi Wisata Alam Terpopuler” pada tahun 2018.
  • Diakui oleh Orchid Society of South East Asia (OSSEA) sebagai “Taman Anggrek Terbaik” di Indonesia pada tahun 2019.

Kontribusi Konservasi

Orchid Forest Cikole menjadi rumah bagi lebih dari 150 spesies anggrek, termasuk spesies langka seperti Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata) dan Anggrek Harimau (Grammatophyllum speciosum).

Advertisements

Program konservasi yang dilakukan meliputi pembibitan, reintroduksi, dan edukasi masyarakat tentang pentingnya pelestarian anggrek.

Tips Fotografi di Orchid Lembang

Orchid cikole lembang wisata

Advertisements

Orchid Forest Cikole menawarkan latar belakang yang menakjubkan untuk mengabadikan momen indah Anda. Berikut beberapa tips untuk menangkap gambar yang memukau di surga bunga ini:

Lokasi Pemotretan Terbaik

Jelajahi taman untuk menemukan berbagai lokasi fotogenik, seperti:

Advertisements
  • Jembatan gantung yang mengarah ke air terjun
  • Rumah kaca dengan ribuan anggrek
  • Danau dengan pantulan anggrek yang indah

Pengaturan Kamera yang Disarankan

Sesuaikan pengaturan kamera Anda untuk mendapatkan hasil terbaik:

  • Mode Aperture Priority (Av): Kontrol kedalaman bidang untuk mengisolasi subjek
  • ISO rendah: Minimalkan noise untuk gambar yang jernih
  • Kecepatan rana yang cukup cepat: Hindari blur pada subjek yang bergerak

Ide Foto Kreatif

Coba ide-ide ini untuk membuat foto Anda menonjol:

Advertisements
  • Abadikan refleksi anggrek di permukaan danau
  • Gunakan lensa makro untuk menangkap detail bunga yang menakjubkan
  • Eksperimen dengan perspektif yang berbeda, seperti memotret dari atas atau dari bawah

Pengalaman Pengunjung di Orchid Lembang

Lembang bandung forest cikole lokasi tiket masuk wisata tempat alam harga outbound konservasi kolaborasi fasilitas

Berkunjung ke Orchid Forest Cikole menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi para pencinta alam dan pecinta anggrek. Pengunjung dari berbagai kalangan berbagi pengalaman positif dan negatif yang dapat membantu calon pengunjung mempersiapkan kunjungan mereka.

Advertisements

Ulasan Positif

Banyak pengunjung terkesan dengan keindahan taman anggrek yang tertata apik. Koleksi anggrek yang beragam dan eksotis memukau pengunjung dengan berbagai warna, bentuk, dan ukurannya. Beberapa pengunjung juga memuji fasilitas yang memadai, seperti area parkir yang luas, toilet bersih, dan banyak tempat duduk untuk bersantai.

Ulasan Negatif

Beberapa pengunjung menyoroti harga tiket masuk yang relatif mahal, terutama bagi mereka yang datang dengan keluarga besar. Antrean panjang selama musim ramai juga dikeluhkan oleh beberapa pengunjung, yang menyarankan untuk datang di luar jam sibuk atau hari kerja. Selain itu, beberapa pengunjung mengeluhkan kurangnya tempat makan yang menyediakan pilihan makanan yang beragam.

Advertisements

Kutipan Pengunjung

“Koleksi anggreknya luar biasa! Saya tidak pernah melihat begitu banyak varietas yang berbeda dalam satu tempat.”

– Sarah, pengunjung dari Jakarta

Advertisements

“Harga tiketnya agak mahal, tapi pemandangannya sepadan. Sangat cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.”

– Budi, pengunjung dari Bandung

Advertisements

Terakhir

Orchid Forest Cikole tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga pengalaman wisata yang lengkap. Fasilitas yang memadai, spot foto yang instagramable, dan aktivitas seru seperti jembatan gantung dan area bermain anak menjadikan taman ini destinasi wisata yang cocok untuk semua kalangan.

Advertisements

Tinggalkan komentar