“Terdapat Barang Berbahaya” dalam pengiriman J&T Express

Advertisements

Terdapat Barang Berbahaya dalam pengiriman J&T Express

IsMedia – Ketika berbelanja online di platform seperti Shopee dan memilih J&T Express sebagai jasa pengiriman, sering kali muncul status yang menyatakan, “Pesanan tertahan sementara karena terdapat barang berbahaya (Dangerous Goods). Mohon hubungi jasa kirim untuk informasi lebih lanjut.” Apa arti sebenarnya dari status ini? Bagaimana cara mengatasi situasi ini? Mari kita jelajahi secara mendalam.

Advertisements

Apa itu Produk Berbahaya?

Produk berbahaya merujuk pada bahan atau zat tertentu yang memiliki potensi membahayakan kesehatan dan keselamatan jika dikirim melalui jalur udara. Jenis barang yang masuk dalam kategori ini sangat beragam, termasuk:

1. Barang yang Mudah Meledak atau Terbakar

Beberapa barang memiliki sifat mudah terbakar atau meledak ketika terpapar kondisi tertentu. Contohnya adalah beberapa perangkat elektronik, terutama yang menggunakan baterai dengan kapasitas tinggi.

Advertisements

2. Narkotika atau Psikotropika

Barang-barang terlarang seperti narkotika atau psikotropika juga termasuk dalam kategori berbahaya dan dilarang untuk dikirimkan melalui layanan pengiriman.

3. Senjata Api atau Senjata Tajam

Pengiriman senjata api atau senjata tajam sangat dilarang karena memiliki potensi risiko besar terhadap keselamatan.

Advertisements

4. Baterai dengan Kapasitas Tinggi

Baterai dengan kapasitas melebihi 10.000 mAh masuk dalam daftar barang yang dianggap berbahaya karena memiliki risiko kebakaran atau kerusakan saat dikirim.

5. Gas dan Aerosol

Barang-barang dalam bentuk gas atau aerosol juga termasuk dalam daftar barang berbahaya karena karakteristiknya yang bisa menjadi risiko saat pengiriman.

Advertisements

Alasan Status “Terdapat Barang Berbahaya” Muncul

Status “Pesanan tertahan sementara karena terdapat barang berbahaya” di J&T Express kerap kali muncul ketika pembeli melakukan transaksi pembelian barang-barang tertentu. Misalnya, saat Anda membeli power bank atau baterai dengan pengiriman melalui jalur udara. Ini disebabkan oleh regulasi dan kebijakan pengiriman yang melarang pengiriman barang berbahaya melalui udara karena risiko keamanan.

Masalah seperti ini sering terjadi karena penjual lupa untuk mengaktifkan opsi “Produk Berbahaya” di bagian pengiriman saat menambahkan produk baru. Padahal, jika opsi ini aktif, pesanan akan dikirimkan dengan jasa kirim yang mendukung pengiriman barang berbahaya antarpulau, seperti J&T Express Economy dan SiCepat HALU.

Advertisements

Strategi Aman Mengatasi Masalah Ini

Salah satu trik aman untuk mengakali masalah ini adalah memilih tipe layanan Hemat (kecuali SPX) atau Kargo. Keduanya menggunakan pengiriman antarpulau dengan jalur darat dilanjutkan laut. Hindari memilih layanan Reguler karena sering kali menggunakan jalur udara.

Cara Mengatasi Status “Terdapat Barang Berbahaya”

Ketika pesanan Anda tertahan karena status “Terdapat Barang Berbahaya”, ada beberapa langkah konkret yang dapat Anda ambil untuk menangani situasi ini dengan tepat.

Advertisements

1. Konfirmasi Informasi

Segera hubungi layanan pelanggan J&T Express untuk memastikan alasan sebenarnya dari status tersebut. Pastikan Anda mendapatkan informasi yang jelas mengenai barang yang dianggap berbahaya.

2. Identifikasi Barang yang Tertahan

Periksa kembali detail pesanan Anda untuk mengidentifikasi barang yang menyebabkan status tersebut. Pastikan Anda memahami mengapa barang tersebut dianggap berbahaya.

Advertisements

3. Konsultasi dengan Penjual

Jika barang tersebut dibeli dari penjual tertentu, ajukan pertanyaan kepada penjual mengenai opsi lain untuk pengiriman yang mematuhi regulasi keselamatan. Diskusikan apakah ada opsi pengiriman alternatif yang memungkinkan pengiriman barang dengan aman. Tanyakan juga apakah penjual sudah mengaktifkan opsi “Produk Berbahaya” atau belum.

4. Pilih Pengiriman Alternatif

Pilih opsi pengiriman yang disarankan oleh kurir atau platform e-commerce yang memungkinkan barang dikirimkan melalui jalur darat atau laut. Layanan seperti J&T Express Economy atau SiCepat HALU adalah contoh opsi pengiriman alternatif yang bisa Anda pertimbangkan. Untuk produk dengan jumlah banyak dan bobot berat, tipe layanan Kargo juga bisa menjadi pilihan. Kalau barang kecil dan ringan, tipe layanan Hemat jauh lebih baik.

Advertisements

Menghadapi status “Terdapat Barang Berbahaya” dalam pengiriman J&T Express memang bisa menjadi pengalaman yang menantang. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat dan kerjasama yang baik dengan pihak terkait, biasanya situasi ini bisa diatasi dengan baik. Tetap tenang dan ikuti langkah-langkah yang telah disarankan untuk memastikan barang yang Anda beli dapat tiba dengan aman.

Dengan mengikuti panduan ini, kami yakin Anda dapat mengatasi kendala pengiriman barang berbahaya dengan lebih mudah dan efektif.

Advertisements
Advertisements

Tinggalkan komentar