Uin Jakarta Jurusan

Advertisements

Uin jakarta jurusan – Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta hadir sebagai pilihan tepat bagi para pelajar yang ingin mendalami ilmu agama dan sosial dengan jurusan yang beragam dan prospek kerja yang menjanjikan.

UIN Jakarta menawarkan berbagai program studi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat, mulai dari bidang keagamaan hingga sosial dan sains.

Advertisements

Jurusan di UIN Jakarta

Uin hidayatullah syarif pedoman akademik

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyediakan beragam pilihan jurusan untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Jurusan-jurusan ini tersebar di berbagai fakultas, menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendalami bidang ilmu sesuai minat dan bakat mereka.

Advertisements

Daftar Jurusan

Nama Jurusan Fakultas Gelar yang Diberikan
Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum Sarjana Hukum (S.H.)
Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Sarjana Ekonomi (S.E.)
Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Sarjana Manajemen (S.M.)
Psikologi Fakultas Psikologi Sarjana Psikologi (S.Psi.)
Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.)
Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Sarjana Sosiologi (S.Sos.)
Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Prospek Kerja Lulusan UIN Jakarta

Uin syarif hidayatullah jurusan ptkin daya tampung span universitas islam campus

Lulusan UIN Jakarta memiliki prospek kerja yang luas dan menjanjikan di berbagai bidang. Keahlian dan kompetensi yang diperoleh selama menempuh pendidikan di UIN Jakarta menjadi bekal berharga untuk memasuki dunia kerja.

Advertisements

Industri yang banyak menyerap lulusan UIN Jakarta meliputi:

  • Pendidikan (guru, dosen, peneliti)
  • Perbankan dan keuangan (analis keuangan, akuntan)
  • Pemerintahan (pegawai negeri sipil, diplomat)
  • Media dan komunikasi (jurnalis, public relations)
  • Industri pariwisata (pemandu wisata, manajer hotel)

Selain itu, banyak alumni UIN Jakarta yang sukses berkarier di bidang wirausaha dan menjadi tokoh-tokoh berpengaruh di masyarakat.

Advertisements

Kisah Sukses Alumni UIN Jakarta

Salah satu kisah sukses alumni UIN Jakarta adalah Dr. Muhammad Quraish Shihab. Beliau merupakan seorang cendekiawan muslim yang dikenal luas di Indonesia dan dunia. Dr. Shihab telah menghasilkan banyak karya tulis tentang Islam dan menjadi rujukan bagi umat Islam di seluruh dunia.

Alumni UIN Jakarta lainnya yang sukses adalah Dr. Komarudin Hidayat. Beliau merupakan mantan Rektor UIN Jakarta dan saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Dr. Hidayat dikenal sebagai tokoh agama yang moderat dan berwawasan luas.

Advertisements

Kisah sukses para alumni UIN Jakarta ini menunjukkan bahwa lulusan UIN Jakarta memiliki potensi untuk berkarier cemerlang di berbagai bidang. Dengan kerja keras dan dedikasi, lulusan UIN Jakarta dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara.

Mahasiswa UIN Jakarta tentu membutuhkan perangkat penunjang perkuliahan, seperti laptop. Bagi yang mencari laptop dengan harga terjangkau, tersedia banyak pilihan laptop 2 juta yang menawarkan spesifikasi memadai untuk tugas-tugas akademik. Dengan spesifikasi yang mumpuni, laptop-laptop tersebut dapat menunjang kegiatan belajar mahasiswa UIN Jakarta dalam mengakses materi kuliah, mengerjakan tugas, hingga mengikuti perkuliahan daring.

Advertisements

Keunggulan UIN Jakarta

Universitas negeri kedokteran bic komentar

Advertisements

Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta merupakan perguruan tinggi Islam terkemuka di Indonesia yang menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan perguruan tinggi lainnya. Keunggulan UIN Jakarta terletak pada fasilitas yang lengkap, program akademik yang berkualitas, dan reputasi akademik yang diakui secara nasional maupun internasional.

Fasilitas Lengkap

UIN Jakarta memiliki fasilitas yang lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar, di antaranya:

Advertisements
  • Perpustakaan pusat yang memiliki koleksi buku dan jurnal ilmiah yang lengkap.
  • Laboratorium komputer dan laboratorium penelitian yang canggih.
  • Asrama mahasiswa yang nyaman dan representatif.
  • Fasilitas olahraga dan kesehatan yang memadai.
  • Ruang kuliah yang modern dan ber-AC.

Program Akademik Berkualitas

UIN Jakarta menawarkan program akademik yang berkualitas di berbagai bidang ilmu, di antaranya:

  • Program Sarjana (S1) dengan 39 program studi.
  • Program Magister (S2) dengan 25 program studi.
  • Program Doktor (S3) dengan 13 program studi.

Program akademik di UIN Jakarta dirancang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan ilmu pengetahuan terkini. Selain itu, UIN Jakarta juga menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dan lembaga penelitian terkemuka di dalam dan luar negeri untuk memperluas wawasan dan pengalaman mahasiswa.

Advertisements

Reputasi Akademik yang Diakui

UIN Jakarta memiliki reputasi akademik yang diakui secara nasional maupun internasional. Hal ini dibuktikan dengan:

  • Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
  • Peringkat 1 perguruan tinggi Islam terbaik di Indonesia versi Webometrics.
  • Termasuk dalam 100 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS World University Rankings.

Reputasi akademik yang baik membuat lulusan UIN Jakarta banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia dan dunia.

Advertisements

UIN Jakarta menawarkan berbagai jurusan yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa. Salah satu jurusannya adalah Sastra Arab. Bagi yang ingin mendalami bahasa dan budaya Arab, jurusan ini sangat direkomendasikan. Selain itu, ada juga jurusan Bahasa Inggris yang cocok untuk mereka yang ingin menjadi ahli dalam bahasa internasional.

Bahkan, nama “reyhan” dalam bahasa Arab reyhan artinya “basil”. Menarik, bukan? UIN Jakarta menyediakan banyak pilihan jurusan yang dapat memperluas wawasan dan keterampilan mahasiswa.

Advertisements

Testimoni

“UIN Jakarta memberikan saya pengalaman belajar yang luar biasa. Fasilitasnya lengkap, dosennya kompeten, dan program akademiknya sangat berkualitas. Saya sangat bersyukur bisa menjadi mahasiswa di UIN Jakarta.” – Aliyah, lulusan Fakultas Syariah dan Hukum

Biaya Pendidikan di UIN Jakarta

Uin jakarta jurusan

Advertisements

Biaya pendidikan di UIN Jakarta bervariasi tergantung pada program studi dan jalur masuk yang dipilih. Secara umum, biaya pendidikan di UIN Jakarta relatif terjangkau dibandingkan dengan universitas negeri lainnya di Jakarta.

Jenis Biaya Pendidikan

  • Biaya Pendaftaran: Rp. 200.000
  • Biaya Kuliah: Rp. 2.500.000 – Rp. 4.500.000 per semester
  • Biaya Pengembangan Institusi (BPI): Rp. 1.000.000 per semester
  • Biaya Praktikum (untuk program studi tertentu): Rp. 500.000 – Rp. 1.500.000 per semester
  • Biaya Skripsi/Tesis: Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000

Ketentuan Pembayaran

Biaya pendidikan di UIN Jakarta dapat dibayar secara tunai, transfer bank, atau melalui sistem pembayaran online yang disediakan oleh universitas. Pembayaran dapat dilakukan secara cicilan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Advertisements

Beasiswa di UIN Jakarta

Uin sunan kalijaga suka universitas perpustakaan jogja yogyakarta pendaftaran jurusan snmptn haloedukasi iun tampung daya masuk perpus mandiri ujian

UIN Jakarta menyediakan berbagai pilihan beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi dan membutuhkan dukungan finansial. Beasiswa ini bertujuan untuk membantu mahasiswa menyelesaikan pendidikan tinggi dengan lebih mudah dan tanpa terbebani biaya.

Advertisements

Mahasiswa UIN Jakarta yang tengah mempersiapkan skripsi atau tugas akhir mungkin membutuhkan perangkat pendukung yang mumpuni. Salah satu pilihannya adalah laptop 10 jutaan yang menawarkan performa cukup baik untuk mengerjakan berbagai aplikasi dan perangkat lunak. Setelah mendapatkan laptop yang sesuai, mahasiswa dapat melanjutkan proses pengerjaan tugas akhir mereka dengan lebih optimal, berkontribusi pada kemajuan pendidikan di UIN Jakarta.

Advertisements

Beasiswa yang tersedia di UIN Jakarta dikelompokkan menjadi beberapa jenis, antara lain:

Beasiswa Prestasi

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang sangat baik, dengan IPK minimal 3,50. Besaran beasiswa yang diberikan bervariasi tergantung pada tingkat prestasi dan ketersediaan dana.

Advertisements

Beasiswa Bantuan Pendidikan Miskin (BPM)

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, dengan penghasilan orang tua di bawah batas tertentu. Besaran beasiswa yang diberikan berupa bantuan biaya kuliah dan biaya hidup.

Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa ini merupakan program pemerintah yang diberikan kepada mahasiswa kurang mampu dan berprestasi. Besaran beasiswa yang diberikan berupa biaya kuliah penuh, biaya hidup, dan biaya buku.

Advertisements

Beasiswa Afirmasi

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa dari daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T) atau mahasiswa penyandang disabilitas. Besaran beasiswa yang diberikan berupa biaya kuliah dan biaya hidup.

Beasiswa Bank Indonesia

Beasiswa ini diberikan oleh Bank Indonesia kepada mahasiswa yang berprestasi dan berminat di bidang ekonomi dan keuangan. Besaran beasiswa yang diberikan berupa biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya buku.

Advertisements

Prosedur Pendaftaran Beasiswa

Untuk mendaftar beasiswa di UIN Jakarta, mahasiswa harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan dan melengkapi dokumen yang diperlukan. Prosedur pendaftaran beasiswa dapat dilakukan secara online melalui website resmi UIN Jakarta atau dengan datang langsung ke kantor bagian kemahasiswaan.

Jalur Masuk UIN Jakarta: Uin Jakarta Jurusan

UIN Jakarta menyediakan berbagai jalur masuk bagi calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan tinggi di universitas ternama ini. Jalur-jalur masuk ini dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan dan kualifikasi calon mahasiswa yang beragam.

Advertisements

Berikut adalah penjelasan mengenai jalur masuk yang tersedia di UIN Jakarta, beserta persyaratan, proses seleksi, dan jadwal pendaftarannya:

Jalur SNMPTN

  • Persyaratan: Merupakan siswa eligible yang direkomendasikan oleh sekolah berdasarkan prestasi akademik dan nilai rapor.
  • Proses Seleksi: Berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik yang diinput sekolah ke dalam sistem SNMPTN.
  • Jadwal Pendaftaran: Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

Jalur SBMPTN

  • Persyaratan: Lulusan SMA/sederajat yang memenuhi persyaratan.
  • Proses Seleksi: Berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh LTMPT.
  • Jadwal Pendaftaran: Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh LTMPT.

Jalur Mandiri

  • Persyaratan: Lulusan SMA/sederajat yang memenuhi persyaratan.
  • Proses Seleksi: Berdasarkan hasil ujian tertulis dan/atau wawancara yang diselenggarakan oleh UIN Jakarta.
  • Jadwal Pendaftaran: Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh UIN Jakarta.

Jalur Prestasi

  • Persyaratan: Memiliki prestasi akademik atau non-akademik yang luar biasa.
  • Proses Seleksi: Berdasarkan seleksi berkas dan/atau wawancara.
  • Jadwal Pendaftaran: Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh UIN Jakarta.

Jalur Kemitraan, Uin jakarta jurusan

  • Persyaratan: Merupakan lulusan dari sekolah atau lembaga pendidikan yang menjalin kerja sama dengan UIN Jakarta.
  • Proses Seleksi: Berdasarkan seleksi berkas dan/atau wawancara.
  • Jadwal Pendaftaran: Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh UIN Jakarta.

Jalur Hafiz Al-Qur’an

  • Persyaratan: Hafal Al-Qur’an minimal 30 juz.
  • Proses Seleksi: Berdasarkan tes hafalan Al-Qur’an.
  • Jadwal Pendaftaran: Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh UIN Jakarta.

Penutup

Uin jakarta jurusan

Advertisements

Dengan keunggulan fasilitas, program akademik, dan reputasi akademiknya, UIN Jakarta menjadi pilihan bijak bagi siapa saja yang ingin meraih masa depan cerah melalui pendidikan tinggi.

Advertisements

Tinggalkan komentar